Jaguar XE SV, Supercar 4 Pintu Asal Inggris

Jaguar XE SV (netcarshow)

Otojatim (Goodwood)- Mobil yang satu ini di Indonesia merupakan tonggak penjualan Jaguar karena banyak dimiliki oleh kalangan korporat dan orang kaya baru. Adalah Jaguar XF yang tampil kompetitif dan langsung merebut hati konsumen karena harga terjangkau. Hal ini membuatnya menjadi mid luxury terbaik ketiga setelah BMW  seri 3 dan Mercedes C Class.

Baru-baru ini dalam ajang Goodwood di Inggris pada awal Juli 2017, pabrikan tuan rumah ini memamerkan versi peformance dari XF yang diberi nama  XF SV. Tampilan mobil ini nampak seperti mobil balap turing Australian Supercar dan European Superstars akibat pemakaian aerokit simpel plus sayap untuk memaksimalkan downforce pada XF SV.

Untuk bahan aerokit ini sudah mengaplikasi karbon fiber mulai dari umper depan, bonnet, adjustable splitter, bumper belakang sampai diffuser belakang. Pada bagian kaki-kaki, velg sudah mengaplikasi magnesium tempa berukuran 20 inchi plus suspensi berteknologi Continuously Variable Dampers demi memaksimalkan kinerja handling mobil ketika beraksi di sirkuit.

Mobil yang akan melawan BMW M3 dan Mercedes C63 AMG ini ditenagai mesin V8 berkapasitas 5000 cc supercharge dengan tenaga 591 dk dan akselerasinya dari 0-100 km/jam dicapai dalam 3,3 detikan. Adapun penggerak yang digunakan adalah all wheel drive dan transmisinya mengaplikasi teknologi Quickshift otomatis 8 percepatan yang membuat pergantian gigi lebih optimal setara transmsisi sekuensial  khas balap.
Balutan bahan alcantara terasa di dalam interior XF SV plus dipasangnya jok bucket untuk menambah aura balap pada mobil ini. Adapun opsi Trackpack siap dipilih pengguna jika ingin turun  trackday di sirkuit berkat pemasangan rollbar sebagai piranti keselamatan utama. Mobil ini diklaim bisa mengalahkan supercar di lintasan karena mengaplikasi mesin dengan tenaga besar plus mempunyai bobot ringan akibat pemasangan karbon fiber.

Hanya tersedia dalam 30 unit dan stir kiri membuat mobil seharga Rp 2,5 milyar (di Inggris) ini tidak akan masuk ke Indonesia. Jika ada pembeli nekat mau masukkan mobil ini ke tanah air akan dibanderol Rp 4 milyar karena mengaplikasi mesin besar diatas 2000 cc.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen