Jaguar E Pace, SUV Hybrid Pertama dari Jaguar

Jaguar E Pace (netcarshow)

Setelah berhasil melambungkan SUV pertamanya bernama F Pace di mata publik sebagai World Car Of The Year 2017, pabrikan Jaguar kini menjual varian listrik dari Pace Series bernama E Pace. Mobil ini merupakan SUV hibrida perdana dari pabrikan asal Inggris ini dan mengusung desain eksterior lebih sporti dari biasanya.

London, Otojatim.com - E Pace menggunakan bahasa desain serupa dengan sportcar F Type dimana sudah mengaplikasi wujud gagah dengan overhang pendek plus grill lebar sampai dipasangnya lampu baru. Untuk dimensi sendiri lebih pendek dari F Pace karena panjang mobil ini adalah 4,395 mm dengan wheelbase 2,681 mm. Adapun untuk overhang sendiri adalah 882 pada bagian depan dan 832 pada bagian belakang.

Menggunakan sasis baru dengan penggerak 4 roda Active Driveline plus sistem berkendara Configurable Dynamic membuat SUV ini mampu menghasilkan handling lebih baik dari F Pace apalagi sektor suspensi menggunakan Adaptive Dynamic yang bisa di setting supaya kendali kemudi E Pace bisa setara sportcar F Type dan untuk suspensi belakang menggunakan Integral Link.

Teknologi penggerak 4 roda Active Driveline ini merupakan yang pertama kali Jaguar aplikasi di E Pace ini dan sistemnya membagi torsi kepada  penggerak roda belakang supaya menciptakan stabilitas sempurna, kedinamisan berkendara dan penghematan bahan bakar di segala kondisi.


Bagian interior sendiri menggunakan  LCD berukuran 12,3 inchi dengan Thin Film Transistor Display sebagai in car entertainment plus TFT instrument panel dan piranti audio oleh Meridian membuat sistem audionya tidak kalah berkelas dari F Pace. Untuk keamanan, mobil ini menggunakan Activity Key yang sudah dilengkapi transponder untuk mencari mobil dan tahan terhadap hadangan apapun seperti guncangan maupun air.

Soal ergonomi jangan ditanya, kapasitas bagasi SUV ini adalah 577 liter alias lumayan lebar bagi penantang BMW X3 Hybrid dan Mercedes GLE Hybrid ini. Sebagai penunjang, pemilik bisa mengaktifkan LCD untuk mengaktifkan aplikasi Jaguar Land Rover's InControl yang bisa terhubung via smartphone. Karena ini mobil hibrida, maka ada 4 charger berisi listrik 12 volt untuk mengecas handphone dan hotspot Wifi 4G demi melancarkan jaringan internet pada mobil.

Jaguar berkaca dari balap mobil Formula E yang mereka ikuti supaya bisa mengembangkan E Pace ini lebih baik lagi. Hingga pabrikan dengan lambang kucing buas ini menaruh motor listrik Igenium dengan  mesin diesel sehingga bisa menghasilkan daya 300 dk dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,4 detik. Untuk top speednya sendiri adalah 243 km/jam dan disediakan pula varian penggerak roda depan dengan mesin diesel Ingenium bertenaga 150 dk saja demi efisiensi.

Diklaim, banderol mobil ini tidak akan mencapai harga fantastis seperti F Pace saat turun di Indonesia karena mengaplikasi mesin lebih kecil bertenaga 150 dk berpenggerak roda depan ketimbang berpenggerak 4 roda dengan tenaga mesin diesel 300 dk. Rp 3 milyaran mungkin akan sebanding dengan kualitas E Pace ini saat dijual di Tanah Air.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen