Goodwood Festival Of Speed 2017, Tanpa Bintang MotoGP Dan WRC Tetap Meriah

Goodwood Festival Of Speed 2017

Otojatim (Goodwood)- Tiap tahunnya ajang yang satu ini sama halnya dengan kejuaraan balap prestisius macam Grand Prix Monako di F1 dan Le Mans 24 Jam di kejuaraan balap ketahanan dunia (WEC).  Tahun ini, gelaran yang sudah memasuki usia ke-24 tahun itu nampak berbeda dari biasanya. Mengapa?


Goodwood Festival Of Speed merupakan salah satu festival otomotif ternama dunia yang dihelat sejak 1993. Sejarah dimulai oleh bangsawan Inggris bernama Lord March yang sangat mengagumi dunia otomotif. Ia berniat membuat balapan di Goodwood, tapi hal itu tidak terealisasikan akibat keterbatasan tempat.

Tiba-tiba Lord March membuat ide dengan merubah format balapan itu menjadi eksebisi bagi mobil balap dan motor balap hingga menamainya Goodwood Festival Of Speed.

Menyedot banyak pengunjung tiap tahunnya, gelaran ini memiliki beberapa program seperti Moving Motorshow dimana banyak mobil-mobil baru digerakkan dalam sirkuit sepanjang 1,86 km hingga Michelin Supercar yakni acara yang disponsori perusahaan ban Michelin dimana banyak supercar dan hypercar dikebut secara maksimal dalam satu sesi demi menarik antusiasme penonton.
Gelaran utama sendiri adalah Goodwood Time Trial dimana seluruh kendaraan balap dipacu maksimal untuk mencetak waktu terbaik. Adapun pemilik waktu tercepat dimiliki oleh Nick Heidfeld dengan Mclaren MP4/13. Pebalap Formula E tim Mahindra ini memacu mobil F1 itu dengan waktu 41,60 detik pada 1999.

Beberapa kali, Goodwood Festival Of Speed membuat penghormatan bagi pabrikan ternama maupun tokoh yang menyumbang jasa bagi dunia balap dengan mendirikan karya seni berupa tugu atau patung unik. Pada tahun ini, mantan bos F1 Bernie Ecclestone diberikan penghargaan oleh Goodwood dan didirikan tugu untuk menghormati jasa sang tokoh ketika memimpin balap jet darat itu sejak tahun `80an sampai 2016.

Ada dua mobil F1 milik tim Mercedes dan Ferrari diletakkan di tugu penghormatan itu sebagai simbol persaingan kedua tim sejak balapan F1 masih dipromotori oleh Bernie. Kemeriahanpun tidak berakhir sampai disini karena tempat parkirpun juga disesaki oleh banyaknya supercar yang parkir bersama komunitasnya. Hal ini membuat Goodwood menjadi ajang luar biasa bagi pecinta adu kebut tiap tahunnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara tahun ini tidak menghadirkan bintang MotoGP dan WRC dikarenakan ajang MotoGP Jerman di Sachenring dan reli Polandia bentrok jadwal, padahal beberapa orang seperti Valentino Rossi maupun Jari Matti Latvala sempat melakukan unjuk gigi dengan kendaraan balapnya.

Akan tetapi, ajang ini tetaplah seru untuk dinikmati dan semoga pada tahun depan tidak bentrok supaya Goodwood Festival Of Speed berjalan maksimal.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen