Formula E Amerika, Bird Kuasai Negeri Paman Sam

Formula E Amerika 2017

Kejuaraan balap Formula E memasuki benua Amerika untuk kedua kalinya setelah pada bulan Februari lalu mendatangi kota Buenos Aires, Argentina sebagai seri ketiga balap mobil listrik ini. Amerika Serikat menjadi negara penentuan bagi kejuaraan Formula E pada bulan Juli ini dan lomba diselenggarakan di kota New York.


Otojatim (New York) - Dalam balapan pertama di kota berjuluk Big Apple yang dihelat Sabtu, 15 Juli ini dimenangi oleh Sam Bird. Pebalap Inggris ini membawa mobil tim Virgin untuk menang dalam balapan yang tidak didatangi oleh Sebastian Buemi karena pebalap tim Dams ini harus balapan di kejuaraan balap ketahanan dunia (WEC) seri Jerman sehingga posisinya digantikan oleh pebalap didikan Red Bull F1, Pierre Gasly . Situasi ini membuat para pebalap langsung bebas ngegas tanpa hambatan sehingga mampu melahirkan kejutan di New York.

Adapun perjuangan dari Bird sendiri tidak bisa dianggap mudah karena Jean Eric Vergne dari tim Techeetah menguntitnya sepanjang perlombaan. Mengembangkan gap sebesar 1,3 detik di akhir lomba membuat Bird juara di balapan pertama dan Vergne sendiri harus puas finish kedua. Rekan setim Vergne, Stephane Sarazzin berada di tempat ketiga.


Dominasi dilakukan oleh Bird sekali lagi di negeri Paman Sam setelah mantan pebalap Formula 2 ini berhasil memenangkan lomba kedua yang dihelat Minggu, 16 Juli. Perlombaan ini menjadi tanpa beban bagi Bird karena dirinya berhasil mengalahkan duet pengguna mobil Mahindra yakni Felix Rosenqvist dan Nick Heidfeld. Pierre Gasly yang sempat finish di posisi kedelapan pada balapan pertama mampu memberikan peforma terbaik hingga pebalap aktif di Super Formula Jepang itu finish keempat di akhir lomba.

Pada posisi klasemen pebalap, Buemi yang tidak ikut perlombaan ini menjadi terancam posisinya kalau kalah di dua balapan terakhir yang akan bergulir di Montreal, Kanada pada 29-30 Juli. Pebalap Swiss ini duduk di posisi terdepan dengan 157 poin dan diikuti Lucas di Grassi yang menguntitnya dengan 147 poin.

Dalam balapan di Amerika ini, Di Grassi bisa memperkecil gap poin antara dirinya dengan Buemi menjadi 10 poin karena finish keempat di balapan pertama dan kelima di balapan kedua. Adapun karena berhasil memenangi dua balapan di seri Amerika, Sam Bird menguntit Felix Rosenqvist dengan gap  4 poin untuk bisa duduk di posisi ketiga klasemen pebalap (Felix mengantongi 104 poin sedangkan Bird mengantongi 100 poin).

Balapan di Montreal, Kanada akan berlangsung di sirkuit sepanjang 2,75 km  dan akan memiliki 14 tikungan. Mampukah Buemi akan menguasai tempat kelahiran penyanyi Justin Bieber itu sekaligus menjadi juara dunia kedua kalinya setelah musim 2015-2016 di akhir bulan Juli? Ataukah Di Grassi bisa meraih juara dunia untuk pertama kalinya? Mari kita nantikan.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen