Formula 2 Hungaria, Rowland dan Matsushita kuasai Hungaroring

FIA F2 


Otojatim (Hungaroring)- Persaingan antar pebalap muda tersaji di Formula 2 Hungaroring pada 29-30 Juli 2017. Dua balapan yang digelar pada sirkuit sepanjang 4,3 km membuat para penonton tidak beranjak dari tempat duduknya karena menyajikan aksi seru di balap formula one make race ini.

Pada gelaran race pertama di 29 Juli, berjalan menegangkan di menit-menit akhir. Sebelumnya ada dua pebalap yang harus start dari pit yakni Norman Nato dari Arden dan Nabil Jefri dari Trident akibat mobilnya mengalami masalah sehingga gagal start. Setelah start, balapanpun berjalan lancar sampai pada lap ke-24 dimana Sergio Canamasas (Russian Time) dan Robert Visiou (Campos) bertabrakan sehingga keduanya gugur karena kerusakan pada mobilnya masing-masing. Sebelumnya, Antonio Fuoco dari Prema gagal melanjutkan lomba karena kerusakan teknis pada mobilnya.

Pemegang pole position pada balapan ini, Oliver Rowland berhasil finish pertama bersama rekannya dari tim Dams, Nicholas Lativi. Keduanya berhasil menghindari serangan mendadak dari pebalap Russian Time, Antem Markelov yang harus gagal karena mobilnya menabrak pembatas. Markelov
mengemudi ugal-ugalan untuk menyalip Lativi dan sempat masuk rerumputan hingga mobilnya hilang kendali sampai akhirnya berakhir di pembatas ban. Pebalap Rusia inipun gugur pada 3 lap terakhir. Adapun yang duduk di tempat ketiga dalam balapan pertama ini adalah Nick De Fries dari Rapax yang berhasil kabur dari pemuncak klasemen Formula 2, Charles Leclerc.

Pada balapan kedua di hari Minggunya (30/7), Nobuharu Matsushita berhasil menjadi kampiun setelah mengandaskan pemenang balapan pertama yakni Rowland dengan gap 4,3 detik. Seolah tidak berubah, posisi ketiga dan keempat dalam balapan ini masih ditempati Nick De Fries dan Charles Leclerc. Keduanya memutuskan menggunakan strategi "jalan di tempat" demi mendapat poin, meskipun ada hambatannya bagi Leclerc karena mobil yang dikendarainya mengalami masalah di paruh akhir balapan. Insiden terjadi ketika Nabil Jefri menyenggol mobil Sergio Canamasas (Rapax) dan Robert Visiou (Campos) sehingga membuat kedua pebalap ini gugur langsung di 8 lap sebelum finish. Sebagai hukumannya, pebalap Malaysia itu harus mengalami drive trough penalty dan berhasil finish ke-15. Adapun pebalap yang gugur lainnya adalah Gustav Malja yang mengalami kerusaka teknis pada mobil Racing Enginerring miliknya

Galau, itulah perasaan yang diterima Sean Gelael dimana pada balapan pertama dirinya harus gagal mendulang poin karena mengaktifkan opsi sayap aktif (DRS) sebelum diperkenankan oleh pengawas lomba. Hal ini juga dialami oleh Sergio Camara dari MP Motorsport sehingga posisi kedua pebalap ini melorot signifikan karena mendapat kumuman penambahan waktu 10 detik. Pada akhirnya, Camara finish di posisi ke-16 dari posisi awal yaitu ke-14 dan Gelael sendiri finish ke-14 dari posisi awal ke-9. Akan tetapi kesialan di balapan pertama langsung terbayar di balapan kedua dimana pebalap tim Arden ini finish ke-10.

Sementara, Leclerc masih memimpin di klasemen pebalap dengan 208 poin dan disusul Rowland dengan 158 poin. Adapun Markelov sendiri berada di tempat ketiga dengan 115 poin dan Lativi ada di tempat keempat dengan 115 poin. Seri selanjutnya sendiri akan berlangsung di Belgia pada
26-27 Agustus mendatang.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen