F1 Perkenalkan Pelindung Shield di GP Inggris.

Formula 1 winshield
MIRIP TAMIYA - Pelindung windshield dipasang pada kokpit mobil F1

Banyak hal yang hampir terlupakan di Grand Prix Inggris pada 16 Juli lalu, salahsatunya adalah Shield. Tenang-tenang, ini bukan menyinggung serial televisi Marvel berjudul Agent Of Shield tapi ini berwujud sebagai pelindung bagi pebalap saat berlaga di balapan sebagai pemecah aliran angin sekaligus pelindung kepala pebalap ketika melintasi puing-puing mobil saat terjadi kecelakaan.

Otojatim (Silverstone) - Pelindung ini dahulu diperkenalkan pada April 2017 menggantikan pelindung Halo yang terlihat lebih buruk dibandingkan Shield akibat memiliki jarak pandang terbatas dan cukup berbahaya jika terlepas dari kokpit mobil. Beberapa tim sudah merancang pelindung ini agar sesuai dengan rencana musim balap 2018 yang akan mewajibkan semua tim harus menggunakan Shield.


Hal ini dilakukan supaya tidak ada lagi kejadian kecelakaan berbahaya seperti kematian pebalap tim Manor, Jules Bianchi di Suzuka pada 2014 karena mobilnya menabrak traktor penyelamat di salah satu tikungan.

Dalam GP Inggris, Ferrari adalah tim pertama yang memasang Shield terlebih dahulu dan mengetesnya melalui pebalap Sebastian Vettel. Sayangnya, Vettel mengalami kendala dengan penggunaan Shield seperti yang diungkapnya via Autosport.

“Saya mencoba Shield Cockpit Protection. Pandangan hasilnya tak terlalu bagus dan sepertinya karena tekukannya sedikit distorsi. Kita harus tetap jalani rencana tapi saya tak suka. Pandangan kurang bagus, tapi memang jadinya nampak asyik saat kendarai". Pebalap Jerman itu mengalami masalah dengan pandangan mengemudi yang cukup buruk dan penggunaanya dapat mengganggu keseimbangan mobil.

Akan tetapi, Ferrari masih mengembangkan lagi supaya bisa sesuai dengan karakter pebalap yang mereka miliki. Selain tim asal Italia ini, tim Mclaren dan Williams kemungkinan akan mengujicoba Shield milik mereka sendiri di bulan September tepatnya di GP Italia. Jika Shield gagal mendapat komentar positif maka perangkat Halo akan dipasang kembali dengan rancangan baru pada 2018.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen