F1 Inggris, Kemenangan Keempat Hamilton Samai Legenda Jim Clark

Balapan Formula 1 Silverstone 2017 (istimewa)

Sirkuit Silverstone adalah salah satu sirkuit legendaris yang memulai sejarah. Saat itu, pada 1950 digelar balap mobil terakbar dunia yang bernama Formula Satu. Perlombaan sendiri terselenggara di dalam landasan pacu bandara Silverstone dan dimenangi oleh pebalap Alfa Romeo, Giuseppe Farina. Setelah bandara yang aktif pada perang dunia itu tidak pernah digunakan untuk kepentingan militer, pihak Royal Automobile Club (badan otomotif Inggris) membelinya dan merubah keseluruhan fungsi landasan sebagai lintasan balap aktif sampai sekarang.

Silverstone, Otojatim.com - Meskipun digunjang prahara kontrak balapan setelah musim 2019, Grand Prix Inggris tetap diserbu penonton untuk melihat jagoan dan tim tuan rumah berkibar di negerinya sendiri. Ada Red Bull, Williams, Renault dan Force India menjadi tim tuan rumah karena memiliki markas maupun cabang di Inggris. Sedangkan Lewis Hamilton dan Jolyon Palmer adalah dua pebalap Inggris yang berlaga pada balapan hari ini (16/7).

Awal balapan menjadi malapetaka bagi Palmer dimana pebalap Renault ini mengalami masalah rem sehingga jagoan tuan rumah itu langsung gugur di awal lomba hingga lap pemanasan dilakukan dua kali. Setelah marshall memutuskan untuk mengevakuasi mobil Palmer, balapan pun dimulai. Sayangnya, hal ini tidak menjadi hal terindah bagi Carlos Sainz dimana pebalap Toro Rosso itu dihajar oleh rekan setimnya, Daniel Kvyat dan pebalap Haas, Kevin Magnussen sehingga mobilnya oleng dan rusak.

Hal ini membuat pebalap asal Spanyol ini langsung gugur di lap pertama. Persaingan ketat terjadi antara Valterri Bottas (Mercedes) dan Sebastian Vettel (Ferrari) di pertengahan lomba hingga keduanya memutuskan untuk masuk pit demi mengganti ban sebagai tanda akhir pertarungan sengit mereka.


Balapanpun sempat membosankan karena para pebalap membuat gap agak jauh dengan pebalap lainnya sampai-sampai duet tim Ferrari Kimi Raikkonen dan Vettel mengalami masalah pada ban kiri depan yang tiba-tiba pecah. Keduanya melakukan pitstop di beberapa lap akhir untuk mengganti ban dan kembali melanjutkan perlombaan.

Sebagai pemenang, Hamilton berhasil menjadi pemecah rekor di Grand Prix Inggris dengan 4 kali kemenangan beruntun di era mesin V6 sejak 2014. Kemenangan ini setara dengan kemenangan beruntun legenda balap Jim Clark di 1962-1965 dengan mobil Lotus Climax. Bedanya, Clark melakukannya di tiga sirkuit yakni Aintree, Silverstone dan Brand Hatch tidak seperti Hamilton yang hanya memenangkan lomba di Silverstone saja.

Ini bukan kemenangan keempat sepanjang kariernya di Silverstone, Hamilton meraih kemenangan sebanyak 5 kali di Silverstone sejak 2008. Adapun Grand Prix Inggris tahun ini ia tidak sendirian karena posisi keduanya diduduki oleh Bottas yang mengalami "durian jatuh" akibat rusaknya ban depan pesaingnya yakni Vettel di dua lap akhir. Sempat mengalami pecah ban di paruh akhir, Raikkonen berhasil duduk di posisi ketiga balapan ini dan Vettel sendiri finish ketujuh. Posisi kelima dihuni Daniel Ricciardo dari Red Bull dan posisi keenam dihuni Nico Hulkenberg dari Force India

Akibat kemenangan Hamilton ini, posisi Vettel terancam di klasemen pebalap karena hanya berjarak 20 poin saja dengan rivalnya itu. Pebalap Jerman ini berada di puncak klasemen dengan 171 poin sedangkan Hamilton menguntit Vettel dengan 151 poin.Bottas sendiri berada di tempat ketiga dengan 136 poin dan Ricciardo ada di posisi keempat dengan 107 poin. Balapan selanjutnya akan bergulir di Hungaria pada 30 Juli mendatang.

Hasil Lomba
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen