F1 Hungaria, Vettel perkokoh klasemen pebalap dengan kemenangan ke-46

FIA



Otojatim (Budapest)- Hungaroring merupakan sirkuit dengan panjang 4,3 km dan terletak di Mogyorod, Hungaria.  Sirkuit ini menyelenggarakan balap Formula 1 di saat peresmiannya di tahun 1986. Sudah banyak sekali pebalap yang menjadi juara di sirkuit satu-satunya milik negara kecil di Eropa ini seperti Nelson Piquet, mendiang Aryton Senna, Damon Hill hingga Michael Schumacher yang sedang sakit saat ini. Sirkuit ini memiliki karakter serupa dengan sirkuit jalanan Monako karena sempit dan memiliki tikungan berkelok-kelok menjadikan Hungaroring memiliki hati tersendiri untuk para penggemar balap.

Pada balapan F1 yang dihelat pada 30 Juli 2017, seorang Sebastian Vettel menjadi pemenang di Grand Prix Hungaria ke-31. Ini bukan pertama kalinya pebalap Ferrari itu
menang di Hungaroring karena sebelumnya juara dunia 2010-2013 ini melakukannya di 2015 dan menjadi kemenangan ke-46 sepanjang keikutsertaannya di kancah balap jet darat ini. Kemenangan dalam balapan ini sungguh spesial karena tidak hanya dirinya sendiri yang naik podium
tapi juga rekan setimnya di Ferrari yakni Kimi Raikkonen. Bukan hal mudah memang bagi juara GP Hungaria 2005 ini untuk menahan seorang Lewis Hamilton karena dirinya harus berkali-kali menjauh sekaligus menyalip backmarker guna selamat dari kejaran pebalap Mercedes ini.

Akan tetapi, entah kenapa Hamilton tiba-tiba disalip oleh rekan setimnya yakni Valtteri Bottas hingga pebalap Finlandia itu berhasil naik podium ketiga. Kemungkinan besar, Hamilton mengalami masalah
di bagian mesin atau harus menerima team order. Team order dilakukan Mercedes kepada dua pebalapnya supaya bisa melumpuhkan tim Ferrari dan melesatkan Hamilton ke pemuncak klasemen pebalap. Sial, semua strategi yang dilakukan oleh tim principal Toto Wolff gagal dan dirinyapun harus gigit jari. Bottas juga tidak lepas dari ancaman pebalap lain di lap-lap akhir karena seorang Max Verstappen bersiap untuk menyalipnya saat dirinya melakukan kesalahan. Verstappenpun kecewa karena jarak antara mobil Red Bull miliknya dengan duet Mercedes (Hamilton dan Bottas) menjauh. Sebelumnya, Anak dari legenda F1 Jos Verstappen ini sempat membuat rekan setimnya di Red Bull,  Daniel Ricciardo gugur karena bersenggolan di lap pertama. Mobil Ricciardo mengeluarkan oli sehingga para marshall harus beraksi menaburkan kapur ke lintasan supaya para pebalap lain tidak terkena ceceran oli.

Sebuah sejarah tercipta ketika seorang Fernando Alonso berhasil mencetak poin untuk Mclaren Honda. Tim yang sedang dirundung masalah mesin ini berhasil mendulang poin di Hungaria karena Alonso finish keenam di belakang Verstappen. Pada paruh akhir balapan beberapa orang gugur karena masalah teknis. Romain Grosjean (Haas) dan Paul Di Resta dari Williams tidak bisa finish. Di Resta Sendiri merupakan pebalap pengganti Felipe Massa yang tiba-tiba sakit sejak babak latihan pada Jumat (28/7) lalu dan mantan pebalap Force India ini menggantikannya di hari kedua Grand Prix (29/7).

Dengan hasil ini, Vettel memimpin perolehan klasemen pebalap dengan 202 poin. Disusul Hamilton dengan 188 poin dan Bottas dengan 169 poin. Gagal finish, Ricciardo tetap berada di posisi keempat dengan 117 poin dan Raikkonen tetap berada di tempat kelima dengan 116 poin. Setelah ini, Sirkuit Spa yang saat ini menggelar Blancpain 24 Jam akan menjadi tempat pertarungan berikutnya pada 25-27 Agustus 2017.

Hasil Balap 

1. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari 70 laps
2. Kimi Raikkonen FIN Ferrari - Ferrari +0.9s
3. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes +12.4s
4. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes +12.8s
5. Max Verstappen NED Red Bull - TAG +13.2s

6. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1m 11.2s
7. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault +1 lap
8. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
9. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1 lap
10. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1 lap

11. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault +1 lap
1. Jolyon Palmer GBR Renault - Renault +1 lap
13. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +1 lap
14. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +1 lap
15. Pascal Wehrlein GER Sauber - Ferrari +2 laps
16. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +2 laps

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen