F1 Austria, Bottas Raih Kemenangan Keduanya di Negeri Banteng

Valtteri Bottas (istimewa)

Otojatim (Spielberg)- Red Bull Ring merupakan salah satu sirkuit tercepat dalam kalender F1 dimana bisa saja pebalap meraih waktu dibawah satu menit pada lintasan sepanjang 4,3 km ini. Tantanganpun terjadi di beberapa bagian run off area dimana ada sebuah jebakan yang siap membuat peserta gugur ketika melintasinya.

Dalam balapan yang dihelat pada 9 Juli ini tidak membuat bangga seorang Max Verstappen. Kenapa? Karena pebalap tim Red Bull ini gugur karena tunggangannya dihajar mobil dari Danil Kvyat (Toro Rosso) sehingga mengalami kerusakan cukup parah. Kvyat juga berhasil membuat Fernando Alonso gagal melanjutkan lomba karena mobil Mclaren Honda miliknya juga rusak padahal Mclaren sedang memperbaiki peforma kendaraannya supaya bisa bersaing dengan mesin Mercedes, Ferrari dan Renault.

Karena aksi bandelnya ini, Kvyat diganjar hukuman drive trough dan harus berada di posisi terbelakang sepanjang lomba. Adapun rekan setimnya dari Toro Rosso yakni Carlos Sainz harus gugur akibat kerusakan teknis. Hal sama terjadi pada Kevin Magnussen dimana kerusakan girboks menimpa mobil Haas miliknya sehingga pebalap Denmark ini ikut gugur bersama Sainz, Alonso dan Verstappen.

Pertarungan terjadi pada barisan terdepan dimana Valtteri Bottas (Mercedes) melawan Sebastian Vettel (Ferrari) dan Daniel Ricciardo (Red Bull) melawan Mercedes milik Lewis Hamilton. Bertekad untuk menjadi pemenang di seri ini, Bottas harus susah payah menahan serangan Vettel di akhir lomba. Kelemahan Mercedes milik Bottas terbuka di beberapa bagian sehingga mesin Ferrari yang digunakan Vettel sempat menandinginya hingga pebalap Jerman itu gagal menyalip Bottas akibat melebar di beberapa tikungan akhir.
Bottas berhasil meraih kemenangan kedua di " negeri banteng" setelah GP Rusia beberapa waktu lalu. Sedangan Vettel berada di tempat kedua tidak merasakan kecewa karena dirinya berhasil menyalip Hamilton di pemuncak klasemen dengan 171 poin. Sementara pebalap tim tuan rumah Red Bull, Ricciardo berhasil finish ketiga dengan menahan Hamilton yang harus puas duduk di tempat keempat. Sempat memimpin pada pertengahan lomba, Kimi Raikkonen (Ferrari) berhasil finish di posisi kelima.

Adapun untuk posisi klasemen pembalap dipimpin oleh Vettel dengan 171 poin dan Hamilton berada di tempat kedua dengan 151 poin. Valtteri Bottas duduk di tempat ketiga dengan 136 poin dan Ricciardo hadir di posisi keempat dengan 107 poin. Pertarungan selanjutnya akan digelar di Inggris pada 16 Juli dan akan menjadi seri tuan rumah bagi Hamilton. Mampukah jagoan tuan rumah ini bersinar di hadapan pendukungnya? Kita nantikan saja.

Hasil Lomba


Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen