Mercedes S AMG 4 matic, Tenaga Setara Supercar Dengan Tampilan Mewah

Dok: Istimewa
Otojatim (Frankfurt)- Mercedes S Class terbaru telah diluncurkan di Shanghai, Cina pada April lalu. Dengan ubahan berupa Distronic Active Control dan Active Steer Assist membuat pengendara lebih nyaman saat berkendara. Selain itu pula dilengkapi juga dengan Starter Alternator dan electric booster comppressor sebagai piranti pendukungnya. Pabrikan asal Jerman itu  membuat beberapa varian dari S Class biasa, Maybach sebagai varian termewah dan varian khusus untuk para presiden yakni S600 Pullman Guard.

Akan tetapi, Mercedes tidak melupakan varian bertenaga tinggi AMG sebagai varian tercepat dari S Class. Ada S63 dan S65 AMG yang dijual untuk para penikmat kecepatan. Mobil ini memiliki tampilan elegan disamping mempunyai mesin tangguh berupa V8 pada S63 dan V12 pada S65. Untuk S63 dipersenjatai mesin V8 berkapasitas 5500 cc biturbo dengan tenaga 612 dk dan punya akselerasi 3,5 detik untuk 0-100 km/jam. Sedangkan untuk S65 menggunakan V12 biturbo dengan
kapasitas mesin 6000 cc dan tenaga yang dihasilkan mencapai 630 dk plus memiliki torsi raksasa 1000 nm. Dengan ini baik S63 dan S65 setara dengan supercar andalan Mercedes AMG yakni AMG GT.



Bagian transmisi untuk S63 AMG sudah menggunakan AMG Speedshift MCT 9 percepatan dengan penggerak 4 roda bernama 4Matic+. Penggunaan 4Matic+ ini membuat S63 memiliki handling lebih stabil dari S65 yang menggunakan penggerak roda belakang seperti halnya mobil-mobil sedan Mercedes biasanya. “Tenaga yang impresif, torsi dan performa di jalan raya dan desain ekspresif merupakan keunggulan dari Mercedes-AMG 63 4MATIC+ dan model terbaru S 65. Kami juga telah melakukan langkah maju pada S 63 untuk tetap menggarisbawahi klaim kepemimpinan kami di segmennya dalam hal kedinamisan berkendara, performa, traksi, peralatan dan kenyamanan yang meyakinkan. S 65 dengan torsi kuat 6.0L V12 Biturbo tetap menjadi ujung tombak S-Class.” ujar Tobias Moers, Chairman of the Managing Board of Mercedes‑AMG GmbH.

Bagaimana dengan banderolnya? Kalau masuk ke Indonesia bisa saja dibanderol Rp 6 milyaran untuk S63 dan untuk S65 bisa mencapai Rp 7 milyaran. Akan tetapi, sesuai pajak progresif yang berlaku
di Indonesia sekarang ini, kemungkinan besar hanya S63 saja yang akan masuk ke tanah air karena memiliki harga paling reliable. Saat ini saja, S63 AMG versi lama bisa menjadi mobil Mercedes termahal di Indonesia dengan harga Rp 6 milyar dan dikuntit oleh supercar AMG GTR yang akan tampil perdana di GIIAS 2017 dengan harga banderol Rp 5,5 milyar.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen