BMW X3 2018, Lebih Maskulin dan Semakin Panjang

BMW X3 2018
BMW X3 G01 lebih maskulin dan siap melawan GLC dan kawan-kawan 

Jakarta, otojatim.com- Sepertinya kans SUV di seluruh dunia masih kuat. Dimana BMW baru saja perkenalkan generasi terbaru dari seri X3, ya X3 2018 sendiri baru diperkenalkan belum lama ini oleh BMW. Banyak sekali perubahan serta fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh SUV yang mengambil basis sedan seri 3 tersebut. Dengan tampilan eksterior yang sedikit terinspirasi oleh desain BMW seri 5 generasi terbaru. 

Untuk mengetahui desain seri 5 terbaru, bisa melihat bentuk bumper yang desainnya begitu mirip sekali dengan sedan itu. Bahkan, model seperti ini sepertinya menjadi wajah baru dari BMW di masa mendatang.  Apalagi, Seri X lainnya bakalan mengalami perubahan atau ganti generasi. 

Dimana generasi ketiga kali ini, bakalan sedikit panjang dibanding generasi sebelumnya. Apalagi bentuknya sendiri banyak sekali adopsi hexagonal pada setiap lekukan bodinya. Ini menjadikan X3 sebagai SUV yang sangat dinamis sekali. Malah sudah menjauhi kesan kaku dan kokoh ala mobil Jip. 

Tampilan belakang sangat mirip dengan Seri 3 
Perpaduan eksterior Seri 3 dan Seri 5 

Kalau melihat sekilas, ada kemiripan seri 3 dan seri dengan X3  generasi ketiga ini. Atau kita kenal dengan kode bodi G01. Ya, wajahnya saja ada perpaduan dari dua sedan legendaris tersebut. Dimana, bentuk bumper sampai grilnya pun mengadopsi model sedan. 

Tentunya, menambah kesan maskulin sekaligus sporty. Hal ini yang mulai diperlihatkan oleh BMW terhadap varian X mereka. Termasuk X3 yang digadang bakalan bersaing dengan rival sejenisnya. 

Lalu sektor headlamp pun dapat perbaikan signifikan. Dengan menggunakan LED membuat penerangan lebih jelas serta tajam sekali. Lalu, lampu rem belakang juga diubah dan sekilas mirip dengan Seri 3, benar-benar memadukan bentuk Seri 3 ini. 

Lalu perbaikan pun juga dilakukan pada sektor bumper belakang. kali ini, lubang knalpotnya sudah berbeda jauh sekali. Dengan bentuknya seperti hexagonal. Anti mainstream desainnya. 



Interior lebih segar 

Berbicara interiornya X3 G01 ini, sudah menghilangkan aura BMW seri 2. Dimana X3 sempat gunakan model dasbor dari varian MPV mereka. Bahkan dasbornya sendiri lebih sporty dan terasa mewah untuk compact SUV tersebut. 

Karena X3 generasi ketiga hadir dengan dua varian. Pertama adalah Xdrive30i dan kedua merupakan paket performa dari BMW M yang diberi imbuhan M40i. maka interiornya pun punya tema yang berbeda sekali. 

Seperti Xdrive30i lebih bermain dengan warna coklat dan permainan wooden panel. Sehingga, lebih kalem dan mewah. Beda dengan M40i yang adopsi warnah merah dengan panel metal pengganti panel dari kayu. Seakan menambah sporty-nya BMW X3 ini. 

Bukan itu saja, Ambient light yang baru hadir di Seri 7 dan Seri 5 pun, tersedia di BMW X3. Bayangkan sebuah SUV sekelas X3 ada ambient light yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Nah soal monitornya sudah menggunakan ukuran 10.25 inchi. Tentunya begitu besar buat ukuran X3 sendiri. Tetapi, cukup mengaokomodir fitur-fitur baru yang tersedia dari iDrive terbaru ini. 

Fitur-fitur yang berikan sensasi baru 

Sensasi baru apa yang diberikan oleh BMW terhadap X3 generasi ketiga ini?

Banyak sekali fitur yang diberika BMW terhadap X3 yang bakal berhadapan langsung dengan Audi Q5. Seperti Semi-Autonomous dan AC Three Zone. Kali ini, AC Three Zone sendiri merupakan fitur terbaru yang pertama kali hadir di segmen crosover sendiri.

Malah, pengaturan AC tiga zona ini merupakan pengaturan AC paling canggih yang belum pernah diadopsi oleh mobil sekelasnya. Dengan hadirnya AC three Zone ini, berikan kesan suhu udara bisa diatur secara personal dengan perbedaan suhu sampai 3 zona sekaligus. 

Lalu, fitur paling muktahir kali ini adalah Semi otonom dari BMW yang hadir pertama kalinya di X3. Tentunya, teknologi ini sama dengan yang di BMW seri 5. Meskipun disebtu sebagai driving assistance, namun cara kerjanya seperti otonom alias bekerja sendiri. Fitur terakhir ini, masih tersedia dalam versi opsional alias terpisah. 

Mesin terbaru dan varian M pun hadir

Soal mesin sendiri, BMW berikan opsi terbaru bagi X3, bila dibandingkan varian mesin sebelumnya. Kali ini mereka mencoba keluar dari zona nyaman. Dimana, varian Xdrive30i mendapatkan mesin 2.0 litre Turbocharger 4 silinder. Dengan semburan tenaga mencapai 248 dk dan torsinya 35 Nm. Cukup besar sekali untuk mesin seukuran 2.000 cc.

Versi M Sportnya, bisa dibilang cukup buas sekali. Dengan mesin 3.000 cc enam silinder bertenaga 355 dk dan torsinya bisa mencapai 500 Nm. Membuat SUV ini sangat kencang di jalan raya dan sanggup melahap rintangan di alam bebas. 


Pastinya semua mesin ini sudah didukung oleh transmisi 8 percepatan buatan ZF. Ditambah penggerak All Wheel Drive yang dikenal dengan nama Xdrive. 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen