Bernostalgia Bareng Dalam Ajang Indonesia Motorcycle History (IMH) 2017

Legenda motorsport 2tak Suzuki RGR150 yang pernah merajai di era 90 an. Foto: Otojatim

Jakarta, Otojatim.com – Antusias ribuan pecinta Suzuki motor baik perorangan ataupun yang datang dari berbagai klub Suzuki se-Jabotabek bahkan tidak sedikit yang datang dari luar Jabotabek, dalam acara Indonesia Motorcycle History (IMH) 2017 mulai terlihat sejak jam 10.00 WIB memenuhi are Synthesis Residence Kemang, Minggu (30/7).

Acara yang digagas Mastomcustom ini berlangsung sukses dengan menampilkan berbagai produk lawas Suzuki roda dua sampai saat sekarang.

Deretan model sepeda motor Suzuki dari berbagai generasi yang ditampilkan mengundang kekaguman dari para pengunjung, selain edukasi tentang perkembangan teknologi kendaraan mulai sejak pertama kali Suzuki menciptakan kendaraan roda dua ini.

Sebut saja salah satu kendaraan roda dua yang pertama kali diciptakan Suzuki yang diberi nama Power Free yang diciptakan tahun 1952. Power Free ini berbasis mesin 2tak dengan kapasitas 36 cc.

Power free, motor pertama yang diproduksi Suzuki Foto : Otojatim



Tentunya sebuah barang langka  yang sangat bernilai historis bagi sejarah berdirinya Suzuki roda dua. Tidak hanya itu, di event ini terbuka kesempatan pula bagi anda yang ingin meneruskan sejarah dengan mengoleksi kendaraan langka ini.

Kemudian adalagi kendaraan motor A100 Suzuki yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1973. Suzuki A100 dengan mesin 2tak adalah motor jantan pertama yang perkenalkan Suzuki di Indonesia pada tahun 1973. Suzuki A100 pernah menjadi andalan polisi di tanah air dan terakhir banyak digunakan sebagai motor untuk petugas pos di Indonesia. Disamping A100 ada GT100 yang juga dikeluarkan ditahun yang sama oleh Suzuki.

Suzuki A100 motor yang pernah menjadi andalan polisi Indonesia. Foto: Otojatim.



Dikelas bebek, Suzuki memperkenalkan Suzuki FR70 yang dirakit bersamaan dengan peluncuran Suzuki A100 pada tahun 1973, namun baru dipasarkan pada tahun 1974 di bawah bendera PT Indohero Steel & Enginering Co. Dengan menggunakan mesin satu silinder 69cc, dua stroke, berpendingin udara, sudah menggunakan teknologi CCI System.

Setelah mengeluarkan bebek pertamanya FR70 ditahun 1974, awal tahun 1980 an Suzuki kembali mengeluarkan bebek keduanya RC100.



Tidak ketinggalan sang legenda Suzuki GSX250 yang sudah dikastem bertema La Amicizia juga ikut dipajang di acara IMH 2017. Motor ini sudah jauh berbeda dari bentuk aslinya.

Suzuki GSX 250 yang sudah dikastem, sehingga sudah tidak terlihat lagi bentuk aslinya.



Kalau anda yang lahir era 70-80 an,tentunya tidak asing dengan legenda motor sport 2tak RGR150 ini. Motor ini pernah merajai di era 90an, dan menjadi motor andalan Suzuki di Indonesia. Dengan mesin  dua tak dan bertransmisi 6 speed, motor ini sangat kencang di eranya.

Setidaknya ada 2 teknologi yang disematkan pada Suzuki RGR150, pertama teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control). Teknologi SIPC ini berfungsi mengontrol masuknya bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin dan kedua sudah berteknologi SSS (Suzuki Super Scavenging Syestem). Teknologi SSS berfungsi memberi asupan udara yang besar ketika mesin sedang dalam putaran (RPM) tertinggi.

Tentunya dari gelaran IMH 2017 ini akan banyak informasi positif bagi para pengguna motor untuk lebih tahu dan dekat dengan produk yang digunakannya, khususnya Suzuki.

IMH 2017 bukan hanya sebuah ajang pameran dan kumpul bersama bagi para pengguna motor Suzuki, namun ada segi edukasi teknologi yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pecinta Suzuki motor.


Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen