Asian Gymkhana Semarang, Indonesia Berjaya Di Negeri Sendiri

Dok. Istimewa

Otojatim (Semarang)- Olahraga balap mobil slalom di mata pecinta otomotif merupakan ajang basic bagi para pebalap muda sebelum berkiprah ke kejuaraan balap drift maupun balap turing. Akan tetapi, pada akhir pekan lalu (23-24/7) kota Semarang telah menyelenggarakan kejuaraan slalom bertaraf regional Asia bernama Asia Auto Gymkhana.

Balapan slalom bertaraf internasional ini berhasil menjaring banyak penonton. Yup, penyelenggara yakni Genta Auto & Sport merubah format acara yang dianggap sebagai kejuaraan balap membosankan menjadi sebuah sportaiment layaknya kejuaraan nasional Gymkhana. “Why not? Bukan tidak mungkin suatu saat nanti Gymkhana akan menjadi kejuaraan dunia seperti F1, MotoGP ataupun kejuaraan otomotif dunia lainnya. Gymkhana sangat digemari di Asia, asalkan diselenggarakan dengan kemasan yang baik. Suatu saat nanti Gymkhana akan dikenal di negara-negara besar seperti Amerika ataupun Eropa,” ungkap Dr Kwong Wing Yeoung selaku Fédération Internationale de l`Automobile (FIA) Asian Coordinator sekaligus pendiri Asia Auto Gymkhana.

Sedangkan pihak Genta melalui pendirinya, Tjahyadi Gunawan berkata “Kita akan tunjukkan bahwa kejuaraan Gymkhana yang kita buat berbeda dengan kejuaraan-kejuaraan yang sama sebelumnya. Tahun lalu saat kita nonton seri final di Taiwan kemasannya kurang begitu menarik. Untuk itu kita akan buat AAGC di Semarang bukan hanya kompetisi semata melainkan juga disisipkan hiburan juga, jadi lebih enak untuk ditonton,”.

Dalam balapan yang mengharuskan one make car ini, negara tuan rumah Indonesia menurunkan banyak pebalap tuan rumah seperti  Demas Agil, Adrian Septianto, James Sanger, Valentino Ratulangi, Anjasara Wahyu, Adrianza Yunizal, Ananta OHP serta Mario Claudio. Hal ini dikarenakan untuk memenuhi kuota peserta karena negara yang bertanding di seri perdana ini tidak sebanyak di negara lain. Adapun untuk mobil yang digunakan adalah Toyota Agya standar dengan ubahan pada bagian rem dan rem tangan. Hal ini dilakukan untuk menambah persaingan antar pebalap karena yang diperlukan dalam gymkhana adalah skill mengemudi tingkat tinggi, bukan kecepatan berkendara.

Ada 2 kali balapan dimana pada Sabtu, tanggal 22 Juli diadakan kejuaran individual dan pada hari Minggunya (22/7) digelar kejuaraan tim. Anjasara Wahyu mengibarkan bendera merah putih di Semarang setelah mengalahkan pesaingnya, Demas Agil di kelas individual. Ini dikarenakan Demas mengalami hukuman karena menjatuhkan cone di final heat padahal catatan waktunya lebih cepat daripada Wahyu. " Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensupport saya untuk menjadi juara di ajang Gymkhana Semarang ini" ungkap Wahyu. Dalam kejuaraan individual ini selain Wahyu dan Demas, Indonesia menguasai babak semifinal dimana ada Mario Claudio dan Valentino Ratulangi.

Pada hari Minggu tanggal 22 Juli yang notabene merupakan kejuaraan antar tim Asia, Indonesia kembali juara berkat duet Adrianza Yunial dan Valentino Ratulangi. Mereka berhasil mengalahkan duet pebalap Jepang Tetsuya Yamano dan Masaki Nishihara. Adapun untuk posisi ketiganya diduduki Amanpreet Ahluwalia dan Achintya Mehrotra dari tim India.

 Berkat keberhasilan ini, Indonesia akan menggelar kejuaraan Gymkhana Asia pada tahun depan dan akan dihelat selama 2 seri berbeda. " Salah satu serinya akan digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan seri lainnya biar tim Genta yang melakukan " ungkap Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil IMI Pusat, A. Hariono. " Indonesia kemungkinan besar akan menjadi penyelenggara seri pertama dan terakhir tahun depan" tambahnya. Semoga saja bisa menjadi kenyataan dan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, khususnya di balap mobil dan melambungkan pariwisata negara agar dikenal di mata dunia.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen