BMW Alpha N M4 RS, Extra 129 dk dari Tenaga Aslinya. Apa Saja yang Dimodif?

BMW M4 Apha N M4 RS (istimewa)

Otojatim (Bad Neuenahr) - M4 GTS merupakan BMW M4 edisi terbatas yang pernah diproduksi pabrikan asal Jerman ini. Di Indonesia saja ada yang punya mobil bertenaga 500 dk dan saat di luncurkan pada pameran GIIAS 2017, langsung ludes terjual meskipun dilabeli harga Rp 4 Milyar tiap unitnya.

Akan tetapi, ada rumah modifikasi yang tidak puas dengan M4 terbatas ini dengan melahirkan "pembunuh" untuk melibas M4 GTS di lintasan. Adalah Alpha-N Performance yang melakukannya dengan membuat karya bernama   BMW M4 RS.

Menggunakan basis M4 biasa, rumah modifikasi asal Jerman ini memodifikasi mesin M4 (6 silinder turbo, 3000 cc) dari tenaga aslinya yang 425 dk menjadi 560 dk, yang artinya tenaga ini lebih besar 60 dk dari M4 GTS asal pabrikan BMW (BMW M Division).

Untuk ubahan yang dilakukan adalah memasang turbo ganda berkode S55B30 (turbo dari M4 GTS) plus ECU dengan software baru sehingga menghasilkan daya tambahan 129 dk pada mobil bertenaga dasar 425 dk itu. Selain itu pula, pemasangan transmisi 7 percepatan dual kopling dengan diferensial sendiri tidak main-main karena diambil juga  dari M4 GTS.
Sedangkan sektor kaki-kaki menggunakan suspensi Ohlins dengan strut tower bearing yang bisa disetting sendiri demi memaksimalkan handling mobil ketika menikung. Adapun untuk velg menggunakan OZ Leggera berukuran 20 inchi yang membuat tampilan mobil ini lebih siap balap di lintasan.

Soal tampilan eksterior, mobil ini tidak hanya berkiblat pada M4 GTS saja tapi juga M4 DTM yang merupakan versi balap dari M4. Ini terlihat dari pemasangan aerokit pada bumper depan, belakang dan sayap belakang berbahan karbon fiber yang membuat M4 ini terlihat keren bak tunggangan di game Need For Speed.

Untuk bagian interior, unsur balap tersematkan pada pemasangan jok balap Recaro dan pemasangan rollcage sebagai piranti keselamatan balap. Soal aksinya, tak perlu diremehkan lagi karena mobil ini langsung dibesut di Nurburgring Nordscleife yang merupakan sirkuit terpanjang di dunia karena memiliki jarak 1 lap sepanjang 20 km. Tim Alpha N berhasil mencetak waktu 7 menit 20 detik di sana.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen