WTCC Portugal, Sirkuit Penuh Jebakan di Tengah Desa

penghalang balap joker
WTCC Portugal 2017 (istimewa)

Otojatim (Villareal)- Penuh sekali memang hari itu (25/6) karena banyak sekali ajang motorsport dunia digelar bersamaan seperti F1 dan MotoGP. Tapi ada 1 balapan yang patut disorot karena menyuguhkan tantangan baru di dalamnya bernama World Touring Car Championship (WTCC).

Dalam gelaran balap mobil di jalanan desa Villareal, Portugal ini memang penyelenggara sudah memasang sebuah rintangan bernama Joker. Seperti kita tahu, joker ini adalah hal yang sering jamak ditemui dalam balapan rallycross. Gunannya adalah untuk memperlambat pebalap di posisi terdepan untuk menghasilkan aksi saling salip sebagai hiburan bagi penonton.

Sayangnya, ada satu korban keganasan dari joker ini yakni Tom Coronel dimana penunggang Chevrolet itu menabrak ambulans di sesi latihan.

“Saya tidak mampu menghentikan mobil sebelum memasuki tikungan dan kehilangan kendali. Mobil ini mengalami kerusakan dibagian roda yang membuat setir sulit diputar,” ungkap Tom Coronel via Touringcartimes. Pebalap Belanda ini gagal mengikuti kualifikasi dan balapan karena kerusakan pada mobilnya. Akibatnya, revisi dilakukan pada tikungan itu supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi.
Pada balapan pertama, Mehdi Bennani berhasil menjadi pemenang dalam pertarungan selama 11 putaran ini. Pebalap Maroko itu berhasil menahan jagoan tuan rumah Tiago Monteiro dengan gap 0,799 detik. Adapun posisi ketiga dihuni pebalap Swedia, Thed Bjork.

Pada balapan kedua, dikuasai oleh rekan setim Monteiro dari Honda  Norbert Michelisz menjadi pemenang setelah beradu melawan Bjork dengan gap lumayan tipis 0,480 detik. Bagaimana dengan Monteiro sendiri? Iapun berada di posisi ketiga pada balapan kedua ini. Keberhasilan Honda ini disebabkan oleh pengurangan bobot mobil Honda Civic Type R sebesar 20 kg. Hal ini dilakukan untuk mengejar para pesaing-pesaingnya seperti Citroen C Elysee dan Volvo S60.

Dalam seri ini, Monteiro merasa bangga karena mampu mempertajam posisinya di pemuncak klasemen meski harus duduk di podium kedua di balapan pertama dan ketiga di balapan kedua itu, "Saya senang sekali bisa mendapat dua podium di balapan kandang ini. Memang sirkuit ini sangat sulit melakukan aksi salip menyalip tanpa jalur joker, jadi ini merupakan hasil terbaik agar saya bisa tetap kokoh di puncak klasemen dan meraih poin disini." ungkap mantan pebalap F1 ini.

"Saya ingin tetap mempertahankan posisi puncak ini sampai akhir tanpa cela. Mangkannya, saya harus bekerja keras dan membangun peforma saya sedikit demi sedikit tiap balapannya" tutupnya. Monteiro berada di posisi pertama klasemen dengan 164 poin, disusul Thed Bjork dengan 160 poin dan Nicky Catsburg dengan 154 poin.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen