Tips Agar Mobil Tidak Cepat Panas atau Overheat Selama Mudik

tips mudik daihatsu overheat
Pastikan mudik anda nyaman dengan kendaraan yang fit dan siap untuk perjalanan jauh (foto: Istimewa)

Surabaya, Otojatim.com – Lebaran hanya tinggal menghitung hari, ritual tahunan sekali mudik menggunakan kendaraan pribadi merupakan kewajiban bagi masyarakat Indonesia. 


Tapi, sebelum kendaraan anda diajak melakukan perjalanan mudik, anda baiknya menyimak tips yang disampaikan oleh  Sapto Pamungkas R, Astra Daihatsu Area Service Coordinator Jawa & Bali.

Kondisi jalan yang pastinya ramai oleh para pemudik, seringkali mengakibatkan macet hingga berjam-jam diperjalanan. Nah, pada saat kondisi macet tidak jarang banyak kendaraan yang mengalami mesin mobil overheat (panas berlebih pada mesin kendaraan).

Overheat biasanya terjadi bila suhu mesin terlalu tinggi, jauh di atas suhu optimal mesin, sehingga mesin tidak bisa bekerja dengan optimal. Tanda-tanda overheating adalah indikatur temperatur naik/nyala dan mesin mobil tiba-tiba mati.

Untungnya, teknologi mesin mobil saat ini sudah dilengkapi dengan komputer yang bisa mendeteksi kondisi overheating, sehingga mesin tidak mengalami kerusakan vital dan dapat direpair dengan cepat.

Saat mudik, tidak ada salahnya pemudik melakukan pemeriksaan di sistem pendingin agar mencegah kondisi overheating di jalan.

Adapun items yang perlu dicek oleh pemudik sebelum melakukan mudik:

  1. Memerikasa kondisi air radiator di reservoir, pastikan di ketinggian air radiator di antara upper tank dan lower tank.
  2. Periksa kondisi kebocoran radiator, pastikan tidak ada kebocoran atau tanda bekas air radiaor (coolant) di permukaan radiator.
  3. Pastikan menggunakan radiator Coolant jangan menggunakan air biasa karena bisa menurunkan performa pendinginan.
  4. Periksa hembusan kipas radiator masih kuat untuk mendinginkan radiator, jika diperlukan bandingkan dengan kendaraan lain.
  5. Periksa kondisi sambungan klem sambungan radiator, tidak ada perubahan posisi dan ada bekas rembesan air radiator.
  6. Cek kondisi ketinggian oli mesin melalui stik oli dan pastikan masih layak pakai
  7. Periksa kondisi V-belt, pastikan tidak ada retakan dipermukaan V-belt

Jika ditemukan kebocoran atau keanehan di salah satu part sistem pendingan, lebih baik datang ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan perbaikan.  Lebih baik mencegah daripada saat mudik mengalami masalah overheating. Selamat berlibur dan selamat mudik, Minal aidin wal fa idin, Mohon maaf lahir dan batin.

Sapto Pamungkas R, Astra Daihatsu Area Service Coordinator Jawa & Bali

Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen