Thailand Siap Gelar MotoGP pada Oktober 2018

Sirkuit Buriram. Foto:istimewa/Naskah:Berto

Buriram, Otojatim.com - Setelah sukses menggelar World Superbike, Sirkuit Buriram di Thailand telah menandatangani kontrak dengan Dorna selaku promotor MotoGP. Buriram akan siap menggelar MotoGp dengan durasi 3 tahun.

Kesepakatan tersebut terjadi karena Dorna dan Sakol Wannapong selaku pimpinan dari Sport Authorithy Thailand (SAT) sudah melakukannya di Italia dan tim Dorna sudah mengirimkan surat konfirmasi kepada pihak SAT. Untuk tanggal, 5-7 Oktober menjadi waktu dimana GP Thailand akan digelar pada 2018 sebagai bagian kalender MotoGP. Adapun negara lain yang akan mengikutinya adalah Kazakstan dan Finlandia.

Sementara, meskipun Malaysia tetap menggelar MotoGP pada 2018 tapi diprediksi akan ada pengurangan jumlah penonton meskipun pada tahun depan ajang F1 tidak akan datang lagi ke negeri jiran itu. Adapun Thailand sendiri dipilih Dorna karena dinilai siap dari segi sarana dan prasarana pendukung balap kelas dunia.

Buriram sendiri dimiliki oleh perusahaan minuman Chang Beer dan memiliki panjang 4,5 km dengan 12 tikungan. Untuk kapasitas penonton bisa menampung sampai 50,000 orang.

Sirkuit ini dibangun bersama dari Herman Tilke selaku desainer sirkuit ternama dan Newin Chidchob, pengusaha asal Thailand yang berinisiatif membangun sirkuit internasional bernilai US$ 58,9 juta di Buriram.

Newin termasuk korban konflik junta Thailand dan berinisiatif membangun daerahnya untuk menjadi lebih maju dengan menggelar berbagai ajang otomotif seperti Asia GT, Ferrari Challenge, Super GT dan TCR. Hingga pada akhirnya bisa menggelar ajang dunia MotoGP dan World Superbike berkat kerjasama antara
pihak Buriram dengan Dorna.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen