Teknologi Baru, Bisa hindari Jalan Berlubang Dengan Fitur ini

teknologi hindari lubang ford
Teknologi baru dari Ford ini mampu hindari jalanan berlubang 

Jakarta, Otojatim.com- Jalanan berlubang merupakan momok sekaligus hal yang ditakuti oleh pengguna mobil di seluruh dunia. Termasuk Indonesia, dimana negara ini banyak sekali jalan yang lubangnya sanggup merusak sokbreker dan ban. Memang, kejadian seperti ini bisa merogoh kocek kita lho.

Ditambah lagi, kondisi drainase serta kualitas aspal yang buruk, membuat para produsen pun berpikir keras adakah solusi dari masalah ini. Nah, kebetulan pabrikan ini sudah menemukan solusi dari masalah yang paling ditemui di setiap negara. 

Ford menemukan jawabannya, tentunya mereka kembangkan sebuah fitur yang bisa mendeteksi serta bisa menghindari lubang. Tentunya, bukan berbelok atau ada koreksi dari setir untuk hindari kontak dengan lubang jalan. 

Dinamakan, Ford Pothole Mitigation. Merupakan sistem terbaru yang dikembangkan oleh Ford dan baru tersedia di Ford Fusion. Mengapa Fusion menjadi kelinci percobaan dari proyek ini?
Mungkin saja, Ford ingin mencoba pertama pada varian sedan mereka. Apalagi varian ini sangat laris di Amerik Serikat. Namun, paling rentan apabila terkena jalanan berlubang. Untuk itu, mereka melakukan serangkaian percobaan dan hasilnya begitu impresif sekali. Bisa dibilang, sedikit menyelesaikan masalah terhadap jalanan berlubang itu. 

Untuk kerjanya sendiri, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, sensor yang terdapat di bumper depan. sensor ini dilengkapi dengan sonar beresolusi tinggi dan jumlahnya ada 12 buah. Oke, begitu banyak dan pastinya sangat akurat melacak lubang. 

Setelah mendeteksi adanya lubang, maka mereka kirimkan peringatan tersebut ke komputer dan langsung mengatur suspensi mobil tersebut. Kali ini, kecepatan data yang dikirimkan mencapai 1 milldetik. Lalu, apa hanya suspensi dan ban depan yang mendapatkan penyesuaian? Ternyata tidak, ban belakang pun dapatkan hal sama. Karena itu, pengiriman datanya begitu cepat sekali. Sehingga, tidak terasa oleh kita yang berkendara. 

Namun, perbedaan akan terlihat di video yang dicantumkan ini. Terlihat kalau Ford Fusion dengan fitur Pothole Mitigation tersebut tidak menyentuh sama sekali permukaan dari jalan berlubang. hal ini, bisa terlihat dari bola pingpong yang diletakkan di lubang jalanan. Hasilnya, tidak tersentuh sama sekali!


Benar-benar ajaib sekali, dengan fitur ini sendiri diharapkan kenyamanan berkendara pun bisa meningkat dan tingkat kerusakan kaki-kaki mobil pun tidak terlalu parah bukan. Namun, untuk mengaplikasikan disini, rasanya akan sulit,mengingat kondisi jalan berlubangnya begitu ekstrim sekali.

Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen