Modif Ayla: Inspirasi European Hot Hatch Buat Harian

Modifikasi Daihatsu Ayla
Terinspirasi dari european hot hatch (hatchback balap).

Ricky dan Leoni, dua sejoli ini memang kompak urusan mobil. Sama-sama penyuka hatcback. Buat harian, Ricky membesut Ford Focus keluaran terakhir, sedangkan Leoni memilih Daihatsu Ayla generasi pertama.

Namun, tampilan standar Ayla membuat Ricky si anak klub ini menjadi gatal ingin merombak supaya terlihat berbeda. Maka dimulailah proyek modifikasi yang cocok untuk pemakaian harian bagi kekasihnya itu.

“Leoni suka juga modifikasi tapi nggak ngasal, dia lebih ke arah safety, jadi jangan modif yang nyeleneh-nyeleneh. Nah dari situ aku turun tangan buat pilih-pilih dan hunting parts,” kata Ricky.

Ada beberapa ubahan yang membuat Daihatsu Ayla ini nampak kekar, salah satunya dilihat dari ban semi-slick yang ukurannya menjadi 195/50 R15.

“Inspirasinya sih dari lihat-lihat model  European Hot Hatch yang sering dipakai buat track day dan sekarang malah jadi sering show-off di event W√∂rthersee / SoWo. Secara kebetulan di Indonesia masih jarang bahkan mungkin nggak ada LCGC yang dimodifikasi begini,” lanjutnya.

Memang untuk kendaraan LCGC biasanya dimodif menjadi rally look ataupun cuma ceper chamber.
“Nah maka dari itu aku cobain lah. Banyak temen bilang ide aku ga akan cocok, jelek lah dan lain-lain. Tapi nyatanya mereka jadi impressed,” jelasnya.

Leonita bersama tunggangan favoritnya.
Ubahan yang digarap Ricky antara lain pada bagian undercarriage, pelek, rollbar, audio dan sedikit sentuhan mesin (Remap ECU dan ganti jenis busi).

“Lebih enak sekarang, tarikan lebih responsif, sewaktu menikung kecepatan tinggi di tol juga gak limbung,” tutur Ricky.

Hanya saja, dengan penggunaan ban semi-slick ini harus lebih berhati-hati ketika hujan karena lebih licin.

Ketika ditanya total biaya, Ricky mengatakan cost terbesar ada di kaki-kaki termasuk ban yang menyentuh Rp18 jutaan. Apalagi dalam prosesnya juga sering gonta-ganti mencari resep spring yang pas. Untuk biaya keseluruhan ditotal mencapai Rp25 jutaan.

Daftar Bengkel

  • Undercarriage : Jaya Spring, Haji Nawi Jakarta Selatan
  • Pelek : AutoPlus, Pluit Jakarta Utara
  • Rollbar / Harnesses : INDOJAYA Knalpot, Kebun Jeruk Jakarta Barat
  • Audio : Xtreme Audio, Meruya Ilir Jakarta
  • Kaca Film : BSD Autoparts, Tangerang Selatan
  • Cat : Ketok Magic, Kelapa Gading Jakarta Utara
  • Engine : Sigma Speed, Jakarta Selatan
  • Detailing : Reflections Auto Detailing, Kelapa Gading Jakarta Utara & ShowCar Indonesia, Meruya Ilir Jakarta Barat

Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen