Le Mans 2017: Pembuktian Aktor Thunderbolt Tak Hanya Menang di Film

Le Mans 24 Jam
Le Mans 24 Jam 2017

Otojatim (Le Mans) - Perlombaan balap mobil prestisius Le Mans 24 Jam telah usai digelar pada 17-18 Juni 2017. Sebagai salah satu seri balap World Endurance Championship musim ini, seri Le Mans di Perancis masuk ke seri ketiga setelah Silverstone, Inggris dan Spa di Belgia. Adapun perlombaan kali ini mengikut sertakan lebih dari 60 mobil yang dipecah kedalam 4 kategori yakni Le Mans Prototype 1 dan 2 hingga  supercar GTE dan GTE AM.

Balapan yang dihelat 24 jam nonstop ini dimenangi oleh Porsche. Sudah tiga kali berturut-turut pabrikan Jerman ini menjadi pemenang LMP1 sejak 2015 dan menjadi kemenangan ke-19 selama keikutsertaan Porsche di Le Mans. Adalah trio Timo Bernhard-Earl Bamber-Brendon Hartley yang berhasil melakukannya dengan 919 bernomor start 2. Sejatinya, Porsche turun dengan 3 mobil, tapi dua mobil lainnya langsung gugur akibat kerusakan.

"Tiga kali juara Le Mans merupakan mimpi jadi kenyataan buat Porsche apalagi kemenangan ketiganya diraih dengan cara yang tidak mudah.". "Kami bangga ke seluruh tim Porsche yang terus berjuang meskipun harus pitstop dan melakukan perbaikan yang lama, selamat," ujar Michael Steiner, dewan direksi riset dan pengembangan Porsche AG via sportcar 365.

Sementara, pesaing terberatnya yakni Toyota harus puas di posisi kesembilan akibat mobil yang dipakai trio Kamui Kobayashi, Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima mengalami masalah teknis di dua jam terakhir sehingga TS020 mereka harus diperbaiki di pit. Meskipun juara kedua di kategori LMP1, petinggi Toyota yakni Akio Toyoda kecewa dengan hasil ini.
"Maaf sekali kepada para fans yang mendukung dan percaya Toyota bisa juara di Le Mans 24 Jam, mohon maaf kami tak bisa memenuhi keyakinan para fans," ujar Akio Toyoda. Memang tim asal Jepang itu nampak harus gigit jari karena "pedang samurai" yang mereka gunakan "patah" akibat kerusakan.

Tapi ada tim lain yang berhasil menjadi juara kedua overall sekaligus juara di kategori LMP2. Adalah tim asal Cina, Jackie Chan Racing yang melakukannya dengan trio Ho Pin Tung, Oliver Jarvis dan Thomas Laurent.

"Saya sangat senang sekali saat memenangkan perlombaan ini dan ini seperti memenangkan Oscar (Academy Award, penghargaan untuk film-film terbaik dunia. red)" ungkap pemilik tim Jackie Chan via motorsport.com. "Tapi tidak peduli di mana kita berada, kita menang! Kita harus melanjutkan keberhasilan ini, terus bekerja keras untuk tahun depan, dan tahun-tahun berikutnya," tutup aktor Hongkong sekaligus pemeran film genre balap Thunderbolt. Adapun posisi ketiga overall sekaligus posisi kedua di LMP2 ditempati tim Rebellion Vaillante.

Persaingan sengit tercipta di kelas supercar GTE dimana tim Aston Martin Racing berhasil menjadi juara dengan mengalahkan tim Corvette Racing. Adalah trio Darren Turner, Jonny Adam dan Daniel Serra yang melakukannya.

“Sangat sulit diungkapkan saat ini bagi Aston Martin Racing dan semua relasi kami. Aston Martin memang memiliki nilai sejarah dalam setiap balapan dengan kali ini memenangkan kelas Pro menggunakan V8 Vantage bernomor #97. Menjadi nilai lebih bagi yang terlibat di sini ataupun yang mendukung telah memberikan semangat untuk tim,” ujar Paul Howarth, Team Principal Aston Martin Racing.

“Hebatnya Daniel dan Darren yang menempatkan saya bertarung di depan dan ini menunjukkan begitu hebatnya mobil sepanjang pekan. Melihat mereka bagus melesat, kita juga tanpa kesalahan dan melakukan yang terbaik setiap keluar pit dan melaju konsisten sepanjang balapan,” ujar Adam.

Sayangnya, mobil Corvette bernomor 63 yang dipakai oleh Jordan Taylor, Jan Magnussen dan Antonio Garcia gagal melanjutkan duel akibat habisnya kompon ban di menit-menit akhir dan berakhir finish ketiga. Posisi kedua di balapan ini ditempati oleh tim Ford Chip Ganassi yang dihuni Pipo Derani, Harry Ticknell dan Andy Priaulx.

Adapun untuk kelas GT AM dimenangi oleh pemakai Ferrari yakni tim JMW yang beranggotakan Will Stevens, Rob Smith, dan Dries Vanthoor. Pemakai mobil 488 GTE lainnya juga mendominasi lomba dengan posisi kedua milik Spirit Of Race dan Scuderia Corsa.

HASIL LOMBA LE MANS 24 D'HEURES
 1. Porsche LMP Team/Porsche 919 Hybrid    (LMP1); 24:01:14,075
 2. Jackie Chan DC Racing/Oreca 07-Gibson (LMP2); +1 lap
 3. Vaillante Rebellion/Oreca 07-Gibson (LMP2); +3 lap
 4. Jackie Chan DC Racing/Oreca 07-Gibson (LMP2); +4 lap
 5. Signatech Alpine Matmut/Alpine A470-Gibson (LMP2); +5 lap
 6. United Autosports/Ligier JSP217-Gibson (LMP2); +5 lap
 7. Graff/Oreca 07-Gibson (LMP2); +6 lap
 8. CEFC Manor TRS Racing/Oreca 07-Gibson (LMP2); +7 lap
 9. Toyota Gazoo Racing/Toyota TS050 Hybrid (LMP1); +9 lap
10. Cetilar Villorba Corse/Dallara P217-Gibson (LMP2); +14 lap
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen