First Impression Honda Civic Hatchback Turbo: Lebih Pas Dinamakan LiftBack

Review Honda Civic Hatchback Turbo
Honda Civic Hatchback Turbo

Jakarta, Otojatim.com - Honda Civic Hatchback Turbo, inilah mobil yang ditunggu-tunggu oleh para enthusiast model hatchback Indonesia. Kedatangannya patut dirayakan. Karena sudah lebih dari dua dekade sejak Civic Estillo menghilang dari pasaran. Apa benar mobil ini bisa menggoda penggemar hot hatch

Secara desain Honda telah membuat varian sedan dan hatchback jadi mirip satu sama lain. Meski dibedakan oleh dimensi semata, mulai dari grill depan, headlamp sampai lampu belakang tetap sama. Perbedaan jelas pun hanya di bentuk bagasi yang terlihat lebih menyatu dan tersedianya wiper belakang.

Bagian belakangnya begitu pas sekali dengan bentuknya sebagai hatchback 
Baca link : Hidupkan Legenda Estillo, Civic Hatchback Hadir Bermesin Turbo

Tapi tahukah Anda, setelah kami amati lebih seksama, kok bentuknya lebih mirip liftback? Terlalu landai dan tidak tegak seperti hatchback lainnya. Oh, mungkin saja Honda membuat desain ini untuk memberikan ruang pada sisi aerodinamikanya. Apalagi, yang dikejar adalah fun to drive-nya bukan? Aura sporty-nya terasa sekali. 

Varian yang disediakan oleh Honda Prospect Motor terbagi menjadi dua. Yaitu, Tipe E dan Tipe S. Keduanya bisa dibedakan dari segi eksteriornya. Yang pertama adalah peleknya, kedua tipe ini punya model pelek berbeda. Headlamp di varian E sudah menggunakan LED sedangkan S hanya projector lamp biasa. 

Harga Civic hatchback turbo
Bentuk setir dengan lekukan untuk jempol dan takometer ukuran besar menyiratkan kesan sporty yang kental.

Interior Civic Hatchback Turbo


Hampir tidak ada perbedaan dengan Civic Turbo versi sedan. Pada tipe S tidak menggunakan kulit untuk jok dan trimnya. Sedangkan tipe E sudah dilengkapi dengan jok kulit di seluruh interiornya. 

Apalagi soal ergonominya rasanya juga tetap sama dengan model sedan. Namun yang patut menjadi perhatian adalah bagasinya yang bila dilihat tetap terasa luas. Bentuknya yang lebih pas disebut liftback ini bisa membuat penggemar piknik menggelar tikar di bagasinya. Apalagi kalau cuma diisi tas golf.

Performa mesin Civic Hatchback Turbo


Tak banyak yang bisa diulas di mesin Civic Hatchback Turbo ini karena sama persis dengan versi sedannya yang telah hadir terlebih dahulu. Dengan kapasitas 1.5 Litre Turbo earthdreams, sanggup muntahkan tenaga sampai 173 dk dan torsi  220 Nm. Sangat mumpuni untuk sebutan hatchback.

Sayangnya kehadiran transmisi CVT earthdreams ini tanpa dibarengi transmisi manual 6 percepatan. Padahal varian manual ini begitu digandrungi oleh penggemar akselerasi. Selain itu transmisi manual juga  mudah dimodifikasi. Seharusnya malah membuat penjualan tambah laris. 

Fitur keselamatan dan keamanan 


Civic Turbo Hatchback dilengkapi 6 buah airbags (tipe E) serta kehadiran Vehicle Stability Assist serta Hill Start Assist yang menjadi senjata jitu untuk menghadapi Mazda 3 Hatchback. Ditambah piranti keamanan standar seperti smart entry dan immobilizer.

Terlalu overpriced untuk sebuah Hatchback?


Bagi yang budgetnya ngepas Rp300 jutaan, untuk meminang sebuah hatchback akan terasa begitu menyiksa ketika mengetahui PT Honda Prospect Motor (HPM) mematok harga Civic Hatchback Turbo mulai Rp399 juta untuk varian S dan varian E dibanderol sampai Rp438 juta. 

Benar-benar di luar ekspektasi, dalam konotasi yang mengecewakan.

Tapi sebenarnya, dari fitur yang ditawarkan, patokan harga tersebut masuk akal. Semua kembali ke penilaian masing-masing konsumen. Civic Hatchback Turbo ditujukan bagi mereka yang paham apa yang mereka mau, pembeli selektif dan seorang risk taker.

“Apa yang diinginkan dari sebuah mobil bagi seorang high achiever adalah desain/style yang keren, citra dari merek dan  performa serta fitur dari kendaraan itu,”seperti yang dijelaskan Jonfis Fandy, Direktur Marketing HPM.

Namun, tetap saja. Harapan kami alangkah baiknya harganya bisa ditekan di bawah Rp400 juta agar menjangkau bagi mereka yang ingin naik kelas dari Honda Jazz ke Civic Turbo, yang sama-sama hatchback.
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen