FIA Buat Kejuaraan Drift Antar Negara di Jepang

kejuaraan drift jepang

Otojatim (Paris)- Drift merupakan teknik balap yang diprakarsai oleh para pembalap liar dan sangat dikenal di negara asalnya, Jepang. Berawal dari iseng-iseng para pemuda yang melakukan balap liar di pegunungan seperti Hakone, Haruna maupun Akagi hingga ada beberapa orang seperti Kunimitsu Takahashi mempopulerkannya di ajang kejuaraan nasional balap turing Jepang.

Dengan teknik membelokkan secara ekstrim ini, Takahashi berhasil memenangkan berbagai perlombaan hingga pernah ikut serta di ajang F1.

Kejuaraan nasionalpun terjadi berkat campur tangan Keiichi Tsuchiya selaku pebalap profesional dan Daijiro Inada yang merupakan pendiri majalah mobil Option sehingga membuat D1 Grand Prix sebagai kejuaraan drift termegah di Jepang sana. Setelahnya, banyak kejuaraan seperti Drift Muscle dan Formula Drift mengikuti regulasi dari D1GP supaya drift makin dikenal oleh berbagai pebalap liar di seluruh dunia untuk beralih dari balap liar ke balap resmi.
Karena berhasil diterima oleh masyarakat pecinta balap dunia, Badan Permobilan Dunia (FIA) langsung memutuskan untuk membuat ajang regional di Jepang sekaligus membuat regulasi drift secara global. Adalah Intercontinental Drifting Cup yang akan dihelat di Odaiba pada 30 September - 1 Oktober 2017. Odaiba sendiri dikenal sebagai sirkuit balap D1GP dan akan dihelat di parkiran mobil yang disulap menjadi sirkuit balap. Adapun sebagai promotor adalah Sunpros yang terkenal sebagai pendiri ajang D1GP.

“Ini adalah awal dari kategori yang sangat penting bagi FIA. Saat kami terus mengembangkan olahraga otomotif di seluruh dunia, drifting punya daya tarik hebat pada kaum muda dan pengikut inti bergairah yang akan semakin besar,” kata presiden FIA, Jean Todt via motorsport.com. “Dengan dibuatnya Intercontinental Drifting Cup, kami membangun rangka kerja untuk sebuah format standar yang akan membantu olahraga ini terus tumbuh dari akar rumput ke kompetisi lebih profesional secara global.” ungkap mantan team principal Ferrari di F1 ini.

Dengan ajang drift kelas regional ini, bisa membuat drifter-drifter muda mampu melesat lebih baik dan mengalahkan para seniornya seperti Daigo Saito, Yuichi Imamura maupun Masato Kawabata yang sudah tenar lebih dahulu.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen