F1 Azerbaijan, Balapan Menegangkan Di Negeri Api

Daniel Ricciardo (istimewa)

Otojatim (Baku)- Hari raya idul fitri adalah hari raya untuk umat Islam yang dihelat pada tanggal 25 Juni 2017. Banyak masyarakat menggunakan waktunya untuk berkunjung ke rumah sanak saudara di kampung maupun pergi ke tempat wisata untuk silaturahim ke kerabat.

Akan tetapi di negara kecil bernama Azerbaijan yang merupakan negara dengan penduduk muslim lumayan tinggi di daratan Eropa, perayaan Idul Fitri dirayakan dengan menggelar balap F1. Pada negara yang dikenal dengan nama "Negeri Api" ini membuat balapan yang seru sekali.

Pada awal balapan dimulai dengan memimpinnya Lewis Hamilton (Mercedes) sampai paruh pertengahan lomba. Adapun beberapa pertempuran menarik terjadi di sirkuit sepanjang 6 km ini. Salah satunya adalah pertempuran antara Hamilton melawan Sebastian Vettel dari Ferrari.

Hal ini terjadi akibat adanya beberapa kali insiden yang mengeluarkan mobil pengaman untuk mengamankan pebalap dari debris (kotoran pecahan) yang terjadi karena senggolan antar pebalap. Kedua pebalap itu saling bersaing ketat hingga mereka melakukan pitstop. Sial bagi Vettel, pebalap Jerman ini terkena hukuman 10 detik karena mengemudi ugal-ugalan dan sempat menyenggol bagian belakang mobil Hamilton.
Keadaan ini langsung dimanfaatkan oleh Daniel Ricciardo untuk memenangkan perlombaan. Pebalap Australia ini memacu mobil Redbull-nya demi meraih kemenangan perdana di musim 2017. Adapun pertempuran sengit terjadi antara Valterri Bottas (Mercedes) melawan Lance Stroll (Williams) untuk perebutan podium kedua hingga akhirnya Bottas berhasil merebut posisi itu dengan finish cukup tipis.

Meskipun Stroll harus duduk di tempat ketiga, tapi dirinya berhasil menjadi pebalap rookie pertama yang mampu podium di musim balap perdananya. Adapun Vettel dan Hamilton berada di belakang pebalap Kanada itu alias duduk di posisi keempat dan kelima. Sedangkan Esteban Ocon dari Force India berada di posisi keenam setelah disalip oleh Bottas, Vettel dan Hamilton di paruh akhir lomba.

Sementara itu, dinaungi hukuman akibat masalah mesin membuat Mclaren Honda tidak patah arang. Kedua pebalapnya yakni Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne berhasil finish di posisi ke-9 dan ke-12 yang berarti kutukan reliabel mesin Honda perlahan-lahan sudah menghilang karena menggunakan mesin baru pada balapan ini. Ada 13 mobil berhasil finish pada balapan ini dan beberapa diantaranya tidak finish akibat kerusakan teknis maupun kecelakaan.

Pada klasemen sementara, Vettel memimpin dengan 153 poin disusul oleh Hamilton dengan 139 poin. Tempat ketiga dikuasai Bottas dengan 111 poin, adapun Ricciardo di tempat keempat dengan 92 poin. Meskipun gagal finish karena kerusakan teknis, Kimi Raikkonen dari Ferrari berada di tempat kelima dengan 73 poin.


Hasil balapan

1. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - TAG 51 laps
2. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes +3.904s
3. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +4.009s
4. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +5.976s
5. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes +6.188s
6. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +30.298s
7. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +41.753s
8. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault +49.400s
9. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +59.551s
10. Pascal Wehrlein GER Sauber - Ferrari +1m 26.573s
11. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +1m 29.550s
12. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1m 30.041s
13. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap

Tidak Finish

Kimi Raikkonen FIN Ferrari - Ferrari 46 laps completed
Sergio Perez MEX Force India-Mercedes 40 laps completed
Felipe Massa BRA Williams - Mercedes 26 laps completed
Nico Hulkenberg GER Renault - Renault 25 laps completed
Max Verstappen NED Red Bull - TAG 12 laps completed
Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault 11 laps completed
Jolyon Palmer GBR Renault - Renault 10 laps completed

Klasemen Pebalap


klasemen f1 2017
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen