Aston Martin Vulcan AMR Pro, Siap Bantai FXXK Dan P1 GTR di Lintasan Balap

Aston Martin Vulcan AMR Pro
Aston Martin Vulcan AMR Pro (netcarshow)

Otojatim (Goodwood)- Pagelaran Goodwood Festival Of Speed adalah ajang dimana para pabrikan memperkenalkan seluruh mobil balapnya untuk dijalankan di sirkuit balap legendaris Goodwood, Inggris. Tidak hanya mobil balap tua saja yang unjuk gigi dalam sirkuit sepanjang 1,8 km ini tapi juga mobil baru.


Sebagai pabrikan tuan rumah, Aston Martin unjuk ketrampilan dengan membawa mobil hypercar terbaiknya bernama Vulcan AMR Pro. Merupakan versi tempur dari Vulcan, pabrikan berlambang sayap mengepak ini merevisi habis hypercar andalannya ini dengan berbagai piranti aerodinamika baru berkat DNA dari mobil balap GT mereka, Vantage GT2.

Tidak sembarangan memang untuk mengendarai Vulcan karena hanya 24 orang saja yang beruntung mendapat mobil ini dan hanya diberikan izin mengemudi di sirkuit saja sejak diperkenalkan versi awalnya di 2016 lalu.
Bagian depan mobil ini nampak lebih tajam akibat pemasangan canard sebagai piranti aerodinamika utama. Membuatnya lebih mirip mobil balap turing Jerman (DTM) daripada supercar GT. Untuk bagian belakang dari mobil ini lebih condong ke arah GT akibat pemasangan sayap dan diffuser guna menambah downforce.

Sayap yang disematkan bernama Gurney dan bisa terlipat otomatis ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.  Adapun pengurangan bobot dilakukan sebanyak 5 kg supaya lebih ringan demi mengalahkan mobil-mobil seperti Mclaren P1 GTR dan Ferrari FXXK di lintasan balap.

Pebalap Darren Turner menyatakan "Saya senang sekali bisa menjadi pebalap penguji Vulcan. Karena mengendarai mobil ini sangatlah menyenangkan dari berbagai aspek seperti tampilan, suara dan peformanya. Kami membangun mobil ini untuk menjadi yang terbaik di lintasan dan bukan menjadi monster tak terkendali. Maka dari itu, AMR (Aston Martin Racing) meningkatkan downforce mobil supaya Vulcan AMR terasa lebih seimbang supaya bisa dikendarai di sirkuit".

Adapun Aston Martin Vice President and Chief Special Operations Officer, David King, mengatakan "Vulcan pada dasarnya merupakan ekspresi keliaran dari brand kami. Adalah sebuah mobil hypercar yang liar tanpa batas regulasi apapun dan merupakan karya seni luar biasa berdasarkan mobil balap GT kami (Vantage GT2). Kamipun berbangga saat mobil ini lebih baik dalam hal aerodinamika supaya melangkah lebih baik dari pesaing-pesaingnya".

Meskipun sudah menggunakan piranti aerodinamika bak mobil balap GT, Vulcan AMR tetap menggunakan mesin V12 berkapasitas 7000 cc berdaya 820 dk. Hal itu diyakini sudah cukup bagi Aston Martin supaya mobil yang akan dibangun pada musim gugur tahun ini tetaplah masih merupakan raja lintasan terbaik di dunia.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen