Suzuki Vitara Breeza Menatap Pasar Compact SUV Indonesia

Suzuki Vitara Breeza
Suzuki Vitara Brezza

Di ajang Delhi Auto Expo 2016 kemarin, Maruti Suzuki India memperkenalkan SUV kompak terbarunya: Vitara Brezza. Dengan desain ekterior modern berdimensi kompak, mobil ini seakan tidak ingin menghilangkan ciri khas pendahulunya yang sempat populer di Indonesia pada era tahun 90-an.

Mobil ini jelas memiliki modal yang kuat untuk dapat memasuki pasar Tanah Air, dan bertarung dengan Honda HR-V, Chevrolet Trax, Ford EcoSport dan Nissan Juke.

Tidak dapat dipungkiri kondisi pasar otomotif di Indonesia memang tengah lesu, namun segmen SUV saat ini jutsru tengah berkembang. Lihat saja Honda dengan HR-V yang sudah merasakan manisnya penjualan di segmen ini dengan total 37.647 unit di tahun 2015.

Chevrolet mulai mengendus potensi di segmen ini dengan memperkenalkan Chevrolet Trax akhir tahun 2015 lalu. Sebelumnya , di pasar yang sama sudah ada EcoSport serta Juke yang menjadi pemain lama di segmen SUV kompak ini.

Semakin variatifnya model yang bermain di kelas ini, tentunya semakin menjadikan calon konsumen berminat menggelontorkan uangnya di kelas ini karena banyaknya pilihan yang ditawarkan. Hal ini membuat pabrikan mobil harus bisa menyajikan produk yang sesuai dengan minat serta kebutuhan masyarakat, dengan desain yang modern, fitur beragam, kepraktisan penggunaan, serta efisiensi bahan bakar mengingat SUV kompak banyak digunakan untuk memenuhi mobilitas sehari–hari.
Selain mengusung legenda nama Vitara, produk terbaru Suzuki ini juga memiliki perbedaan dalam hal jantung pacu yang ditawarkan. Jika pemain SUV kompak di Indonesia dipersenjatai dengan mesin bensin naturally-aspirated maupun bensin turbocharger, Vitara Brezza dipersenjatai mesin diesel 1.3 liter yang menghasilkan tenaga 90 ps pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm.

Tenaga yang dihasilkan bukanlah yang terbaik jika dibandingkan rivalnya, mengingat mesin diesel memiliki karakteristik fokus pada torsi yang dihasilkan. Torsi sebesar 200 Nm mulai dari putaran rendah tentu akan menyenangkan untuk dikendarai, torsi yang dihasilkan setara dengan Chevrolet Trax yang mengadopsi mesin bensin 1,4 liter turbocharger.

Lebih jauh lagi, untuk memasuki pasar Indonesia tentu membutuhkan strategi lain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Di India, Vitara Brezza yang diluncurkan dalam enam varian, namun tak ada satupun yang dilengkapi dengan transmisi otomatis yang tengah populer di Indonesia.

Selain itu, pilihan mesin pun baru tersedia diesel. Penggunaan mesin diesel jelas dapat menjadi pembeda bagi Vitara Brezza saat memasuki pasar Indonesia, meski begitu, Suzuki tetap perlu mempersiapkan opsi mesin bensin untuk Vitara Brezza.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen