Permintaan MPV Bekas Tinggi, Pedagang Mulai Gerilya Cari Stok Selama Ramadan

Jelang Lebaran permintaan mobil bekas mengalami kenaikan diberbagi daerah

Surabaya, Otojatim.com – Meski mengalami kelesuan awal tahun, ternyata momen Lebaran menjadi berkah sendiri bagi para pedagang mobil bekas (Mobkas), di berbagai daerah.

Setidaknya ini dapat dilihat sejak awal-awal bulan Ramadhan, trend pembelian mobkas mengalami peningkatan, terkadang para pedagang mobkas sampai harus kehabisan stock mobkas, khususnya untuk tipe Multi Purpose Vehicles (MPV) seperti Toyota Avanza dan sejenisnya.

Hal ini yang menarik minat divisni penelitian dan pengembangan (Litbang) carmudi.co.id melakukan riset ke berbagai diler mobkas di berbagai daerah.

“Tahun ini jelas lebih banyak pembelinya, kalau dibandingkan tahun lalu, bulan Maret kemarinramai sekali, kira-kira penjualan saya naik lebih dari 100% lah,” ujar Jojon, pemilik showroom mobkas Frizt nCo yang berlokasi di Yogyakarta.

Animo masyarakat untuk membeli mobil bekas untuk mudik, sebelum bulan puasa dimulai menjadi sebuah fakta menarik dikalangan pedagang mobil bekas.

“Pas bulan Januari dan Februari awal ini, justeru malah sepi, tapi pas masuk bulan ketiga dan keempat mulai ramai, tuh. Sebulan bisa nyampe 20 unit yang keluar,” ujar Ko Jiang, pemilik showroom mobil bekas Cintya Mobilshop di Semarang.

Besarnya animo masyarakat membeli mobil bekas dibulan ketiga tahun ini, diasumsikan karena para pembeli cenderung menghindari adanya lonjakan harga dibulan puasa hingga menjelang Lebaran.

Toyota Avanza masih menjadi mobil bekas yang banyak di cari oleh masyarakat. Stoknya terkadang terbatas, karena itu banyak pedagang mobkas mencari Avanza hingga keluar daerah, demi menjawab tingginya permintaan dari konsumen.

Toyota Avanza masih menjadi kendaraan bekas favorit yang banyak dicari masyarakat untuk mudik Lebaran

Meski saat ini hadir banyak mobil baru untuk keluarga dengan harga terjangkau seperti LCGC (Low Cost Green Car) yang menjamur belakangan ini, namun Toyota Avanza masih tetap banyak dicari oleh kalangan peminat mobil bekas.

“Kalau saya sih, sejauh ini belum pernah sampai kehabisan, tapi kita biasanya kalau lagi perlu barang yang unitnya susah dicari ya pasti ke nyari ke temen sendiri sesama pedagang,” ujar Jacky dari Alfa Auto Tangerang – BSD.

Beberapa pedagang mengaku bahwa hal tersebut biasa terjadi karena hampir semua dealer harus memenuhi tren permintaan pembeli yang sama dalam satu waktu. Selain itu, khusus untuk area di Jabodetabek pilihan mobil jenis city car lainnya juga sering dicari.

Promo Ramadan dapat Cashback Rp 2 Juta

Mencermati fenomena menarik seputar pembelian mobil bekas sebelum bulan Ramadan ini situs jual beli kendaraan nomor satu di Indonesia, Carmudi bersama BFI Finance Indonesia menghadirkan Promo Ramadan, Cashback Rp 2 juta untuk setiap pembelian unit mobil bekas dengan kemudahan pembiayaan yang diberikan oleh BFI Finance melalui situs Carmudi.co.id. Promo ini terselenggara dimulai dari  26 Mei 2017 hingga 26 Juni 2017.

“Melihat tingginya permintaan  mobil bekas jelang Lebaran, kami bekerjasama dengan lembaga keuangan BFI Finance untuk memberikan cash backuntuk konsumen mobkas yang  mengambil aplikasi kredit melalui BFI Finance,” ujar Chandra Sidik, Head of Marketing & PR Carmudi.co.id.

Keterangan lengkap terkait promo dan informasi lainnya tersedia lengkap pada landing page Carmudi: https://www.carmudi.co.id/promoramadhan/. Ini merupakan kerjasama berupa promo yang pertama dihadirkan Carmudi.co.id dan BFI Finance dengan tujuan untuk memberikan promo yang menguntungkan dalam membeli mobil bekas berkualitas.
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen