Modifikasi Ringan Suzuki GSX-S150 Versi Street Touring


Modifikasi kecil kecilan GSX-S150 



Surabaya, Otojatim.com – Sejak diperkenalkan November 2016 di Indonesia Motor Show 2016 (IMOS), kehadiran duo Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 memang sudah menjadi perbincangan dikalangan pecinta roda dua di tanah air. Maklum kendaraan ini pada saat itu baru diperkenalkan saja, dan belum diluncurkan kepada masyarakat.


Barulah pada awal tahun 2017 GSX-R150 diluncurkan secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dan diluar dugaan GSX-R150 mendapat sambutan diluar dugaan, konon pihak Suzuki kebingungan untuk memenuhi permintaan pasar yang katanya sudah menembus angka 15.000 unit pemesan yang saat ini masih inden.

Barulah menjelang akhir kuartal pertama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki GSX-S150, di Kota Surabaya sendiri niked bike ini baru meluncur secara resmi pada 13 Mei 2017.
Meski baru diluncurkan di Kota Surabaya, motor yang berhasil menyabet penghargaan bergengsi sebagai Best Sport Naked 150 dari Otomotif Award 2017, ternyata sudah ada pemiliknya yang modifikasi GSX-S150.

Adalah Kauzar Satrionegoro (27) atau yang biasa dipanggil Sansan, yang bekerja disalah satu even organizer di Kota Surabaya, pemilik Suzuki GSX-S150 yang kebetulan pada saat acara PAMER Suzuki GSX-S150 di Giant Mergorejo Surabaya, kendaraan miliknya  dipajang disalah satu booth diacara pameran tersebut.

Kauzar Satrionegoro pemilik GSX-S150 menghabiskan dana Rp 17 juta untuk memodifikasi motor kesayangannya



Mengambil konsep street touring, Sansan sedikit melakukan modifikasi pada tunggangan yang menjadi andalannya untuk bekerja sehari hari bahkan untuk perjalanan pulang ke Mojokerto.
Misalnya, pada shock braker GSX-S150 miliknya, Sansan menggunakan shock braker Yamaha Byson. Ini yang merubah wajah GSX-S150 jadi semakin macho. Kemudian untuk rem depan, dirinya menggunakan Brembo, untuk velg sendiri dibiarkan standar hanya saja warna velg dirubah dengan menggunakan airbrush warna emas, yang membuat penampilan GSX-S150 miliknya semakin “ganteng”.

Shock braker milik Yamaha Byson merubah wajah GSX-S150 menjadi semakin macho



Untuk kenyamanan mengemudi, Sansan menggunakan stang lebar produk Protaper sedikit ditambah peninggi agar saat riding tidak terlalu membungkuk jika menggunakan stang standar Suzuki GSX-S150. Sebagai penambah keamanan, hand guard aserbase pun disematkan sebagai pelindung tangan.
Foot steep standar pun digantinya dengan produk Nicy yang dibalut warna gold sehingga serasi dengan velg nya.

Stang merk Protaper ditambah peninggi agar saat riding tidak terlalu membungkuk



Untuk ban depan dan belakang, Sansan menggunakan Mizellin berukuran 120/60 untuk roda depan dan 150/60 untuk roda belakang.

Foodstep merk Nicy dengan warna sepadan pada velg membuat penampilan semakin mentereng 



Sebagai pelengkap dari konsep modifikasi kecil-kecilan yang diusung Sansan, GSX-S150 miliknya dilengkapi dengan side box Givi type E22.

Box Givi type E 22 dan ban lebar milik Mizellin berukuran 150/60



Berapa budget yang dihabiskan Sansan untuk memodifikasi GSX-S150 miliknya, Sansan hanya menjawab singkat Rp17 jutaan.

Meski Suzuki Indomobil Sales konon katanya akan mengeluarkan produk GSX-S150 versi touring yang sudah dilengkapi dengan side box, windsheel dan handguard. Info ini didapat Section Head of Sales Area 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Aceng Ulumudin yang mengatakannya di sela-sela acara PAMER Suzuki GSX-S150.

“Suzuki GSX-S150 memang rencananya akan mengeluarkan versi touring yang sudah dilengkapi dengan windsheel, side box dan hand guard. Untuk harganya hanya ada penambahan Rp 1 juta dari harga yang ada sekarang,” papar Aceng.

Spesifikasi Suzuki GSX-S150 (type Standar)


Dimension, Weight
Over all length (mm): 2,020
Over all width (mm): 745
Over all height (mm): 1,040
Wheelbase (mm): 1,300
Seat height (mm): 785
Ground clearance (mm): 155
Riding capacity (people): 2
Curb mass (kg): 130
Engine
Engine type: Water-cooled, 4-stroke
Valve system: DOHC 4-valve
Number of cylinder: 1-cylinder
Engine displacement (cm3): 147.3
Bore x stroke (mm): 62.0×48.8
Maximum output (kw / rpm): 14.1/10,500
Maximum torque (Nm / rpm): 14.0/9,000
Fuel system: FI
Transmission: 6-speed, return
Starter system: Electric
Chasis
Frame type: Diamond
Brakes (Front): Disc (Petal)
Brakes (Rear): Disc (Petal)
Suspension (Front): Telescopic
Suspension (Rear): Swingarm
Wheels: Cast
Tires (Front): 90/80-17(TL)
Tires (Rear): 130/70-17 (TL)
Electrical
Headlight: LED
Taillight: Bulb
Battery type: MF
Electronic instrument cluster: Full digital digital
Tachometer: Yes
Fuel Consumption
Fuel tank capacity (L): 11
Calculated driving range (km): N/A
Emissions standards: Euro3
Fuel consumption (km/l): N/A
Equipment
Key-less Ignition system: Yes
Shutter-Key lock system : N/A
Suzuki easy start system: Ye


Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen