Ketemu Motuba ini Minggir Dulu, Sudah Engine Swap 5.000 cc V-10

BMW E30 M3 5000 cc
BMW M3 Manhart Performance di IIMS. Berto/Otojatim

Jakarta, Otojatim.com - Melihat ada salah satu mobil BMW E30 M3 di booth Auto Racing Technik (ART) di Indonesia International Motor Show 2017 memang terlihat biasa saja. Tapi bila dilihat seksama, mesin yang digunakan sudah berbeda dari aslinya. Mesin 4 silinder berkapasitas 2500 cc sudah dipensiunkan dan diganti dengan mesin dari M5 yang berkapasitas lebih tinggi yakni 5.000 cc berkonfigurasi V10.

Lalu, siapa yang melakukannya? Tak lain tak bukan adalah Manhart. Rumah modifikasi sekaligus produsen parts aftermarket asal Jerman ini akan menyuplai beberapa suku cadang aftermarket untuk memodifikasi BMW di ART yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta. 

"Dia sudah tiga minggu di Indonesia demi membantu kita dalam proses research dan development demi mempersiapkan perwakilan Manhart Performance di Indonesia,"  ungkap Hans Sungkono selaku pemilik bengkel ART yang ingin memperkenalkan Adam Radowski, technical director Manhart Performance.

Faktanya Manhart Performance termasuk dalam tier (level) 1 soal kualitas upgrade performa yang setara dengan pengerjaan in-house tuner BMW," paparnya saat dijumpai di arena IIMS 2017.
Nama Manhart sudah sangat terkenal di dunia modifikasi sejak 1986 silam. Rumah modifikasi yang terletak di Wuppertal, Jerman ini sering memodifikasi BMW untuk ditingkatkan peformannya.

Adapun modifikasi yang dilakukan adalah pemasangan  ECU, suspensi, sasis, sistem rem dan aerokit untuk menyempurnakan mobil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.  Sebagai supplier dari Manhart, ART akan menyediakan beberapa piranti penambah daya seperti ECU, knalpot plus intake.

Bagaimana dengan harga sebuah ECU buatan Manhart? Hans menjawab “Untuk sekadar ECU tuning sekitar Rp 15 jutaan,” harga yang lumayan mahal memang untuk sebuah ECU tapi sebanding dengan tenaga yang sudah ditambah.

Sebagai pemilik ART, Hans mengaku akan menyiapkan mobil selanjutnya untuk dimodifikasi bersama Manhart. "Nanti saja kalau sudah siap akan kami perlihatkan kepada publik," sahut Hans sambil tersenyum.

Keterangan judul: Motuba, istilah yang digunakan untuk merujuk pada mobil usia 30 tahun atau lebih. (Mobil tua bangka)
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen