Kerusakan fungsi otak sebabkan Nicky Hayden meninggal dunia

nicky hayden meninggal
Nicky Hayden

Cesena, Otojatim.com - Setelah mengelami koma akibat kecelakaan sepeda beberapa hari lalu di San Marino, Italia. Hari Senin (22/5) waktu setempat, Nicky Hayden menghembuskan nafas terakhir akibat cedera kepala dan trauma dada yang dideritanya. Kerusakan otak juga terjadi saat pebalap asal Amerika ini dibawa ke bagian ICU di salah satu rumah sakit daerah di Cesena, Italia.


Rumor yang menganggap pebalap dengan nomor start 69 ini meninggal akhirnya terungkap setelah press release dari rumah sakit Maurizio Bufalini yang menjadi tempat dirawatnya Hayden keluar. "Tim medis menyatakan kematian pasien Nicholas Patrick Hayden, yang telah dirawat sejak Rabu 17 Mei di ruang ICU Rumah Sakit Bufalini di Cesena, menyusul polytrauma sangat serius yang terjadi di hari yang sama," bunyi pernyataan itu yang dilansir the Guardian.

Mantan pebalap Repsol Honda itu meninggalkan  ayah Earl; adik laki-laki Roger Lee, serta kakak dan adik perempuan Jenny dan Kathleen. Sementara Tommy Hayden selaku keluarga dari Hayden berkata melalui pernyataan resminya.

"Atas nama dari seluruh keluarga Hayden dan tunangan Nicky, Jackie, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas dukungan. Adalah hal hebat bagi kami semua mengetahui Nicky menyentuh hidup banyak orang dalam cara yang positif."

"Meskipun ini jelas waktu yang menyedihkan, kami ingin semua orang mengingat Nicky dengan bahagia, yakni dia mengendarai sepeda motor. Cita-citanya sejak kecil adalah menjadi pembalap profesional. Tidak hanya berhasil mencapainya, dia juga sukses merengkuh puncak olahraga pilihannya sebagai Juara Dunia. Kami sangat bangga dengannya".

Ini merupakan kabar duka yang amat menyedihkan bagi dunia balap baik itu Motogp dan World Superbike tempat Hayden berlomba untuk berlaga di 2017 bersama kedua gelaran tersebut dirinya masih menggunakan motor Honda.

Dengan motor Honda RC212V, Hayden berhasil mengalahkan Valentino Rossi untuk menjadi juara dunia MotoGP 2006. Itulah prestasi tertinggi pebalap asal Owensboro ini di kancah balap motor dunia meskipun dirinya ditarik ke tim Repsol Honda di tahun 2003 bukan dari jenjang pebalap Motogp biasanya seperti GP 125 dan 250.

Pebalap berjuluk Kentucky Kid ini memulainya dari kancah balap Superbike Amerika yang digelar oleh American Motorcycle Assosiation dan menjadi juara Amerika pada 2002.

Dalam balapan MotoGP Perancis yang digelar Minggu (21/5), para pebalap MotoGP seperti Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Marc Marquez, Johann Zarco dan Jorge Lorenzo menyatakan dukungan
dengan kampanye #gonicky di jejaring sosial twitter dan "Thinking on you, Nicky 69" sebagai dukungan bagi pebalap dengan kelahiran pada 1981 itu.

Sayang, takdir menjawab lain karena Hayden meninggal dunia beberapa hari kemudian. Sebagai rekan setim saat menaungi kubu Ducati dan rival saat pertarungan juara dunia 2006, Rossi memberikan perkataannya soal Hayden.

"Nicky adalah salah satu teman terbaik yang pernah saya miliki di paddock. Kami adalah rekan satu tim di Honda di tahun debutnya 2003 lalu, pengalaman Eropa pertamanya. Musim itu berakhir dengan gelar untuk saya dan podium pertamanya di Phillip Island. Beberapa tahun kemudian, kami sama-sama berjuang memperebutkan gelar juara 2006 sampai balapan terakhir dan pada akhirnya, tidak beruntung bagi saya, dia yang jadi juara dunia MotoGP. Setelah balapan, kami berjabat tangan dan dia memelukku," kenang Rossi di akun Facebook Valentino Rossi VR46 Official.

"Setelahnya, kami kembali jadi rekan satu saat menjalani masa-masa sulit di Ducati, di mana kami sempat bersitegang, tapi hanya saat sedang berjuang memperebutkan posisi lima besar. Nicky juga sering datang ke ranch (trek pribadi Rossi) dan selalu menyenangkan melihatnya bisa mempelajari beberapa kesulitan bersama-sama, dia juga pebalap tercepat di dirt track sebelum pindah ke aspal, dia memenangkan balapan yang penting di Amerika, Peoria TT,"

Selamat jalan Nicky Hayden, prestasi balapmu tidak akan kami lupakan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen