Sirkuit Sepang Direnovasi, F1 Tidak Digelar di Malaysia untuk Sementara

2017, tahun terakhir gelaran balap F1 di Malaysia

Sepang, Otojatim.com - Bagi Anda yang ingin menonton balap F1 di Malaysia, mungkin inilah kesempatan terakhir untuk menonton gelaran jet darat ini. Ini dikarenakan pihak sirkuit Sepang, Malaysia belum menemui kesepakatan dengan Liberty Media yang merupakan pemilik F1.

Akibat biaya operasional yang membengkak, kemungkinan Malaysia akan mundur dari F1 untuk sementara. 

"Selalu sedih untuk mengucapkan selamat tinggal kepada anggota keluarga F1. Selama hampir dua dekade, penggemar F1 Malaysia telah membuktikan diri menjadi pendukung yang paling bersemangat dalam olahraga ini," ujar Sean Bratches, Direktur Operasi Komersial dari Liberty Media via Autosport.

Sialnya lagi, balap malam GP Singapura juga akan tinggal sejarah akibat berhubungan dengan biaya operasional. Perdana menteri Malaysia, Najib Razak menyebut penurunan penonton dan tingkat kunjungan wisata menjadi biang keladi F1 tidak diselenggarakan lagi di Malaysia kedepannya.

“Kabinet telah setuju untuk mengakhiri kontrak menjadi tuan rumah balap Formula 1 dimulai pada 2018 setelah mempertimbangkan menurunnya pemasukan terhadap negara berbanding dengan biaya menyelenggarakan kejuaraan,” demikian pernyataan yang dikeluarkannya.

Apalagi sponsor asal Malaysia, Petronas yang mendukung tim juara dunia Mercedes juga merasakan hal pahit akibat penurunan harga minyak meskipun perusahaan BUMN migas tersebut masih merupakan bagian dari strategi pemasarannya.

Musim 2017, Sepang akan menggelar F1 pada 1 Oktober sebagai seri ke-15 dari 20 seri yang dipertandingkan. Pada 2018, Malaysia akan digantikan GP Jerman yang akan kembali hadir dengan menggunakan sirkuit Hockenheim sebagai tempat gelaran utamanya.

Sepang mundur dari F1 kemungkinan besar bukan karena isu biaya semata, karena pihak pengelola sirkuit akan membangun arena drift, drag, motocross taman bermain dan hotel sebagai pengembangan sirkuit kedepannya.

Bisa dipastikan F1 Malaysia belum tinggal sejarah di negeri jiran ini kalau sudah melakukan renovasi demi kenyamanan pengunjung sirkuit maupun pengguna yang sebagian besar pebalap.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen