Selamatkan Terumbu Karang, Toyota Sumbang Kapal Pinisi untuk Konservasi Laut Makassar

Pinisi Bagi Negeri Toyota
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (tengah), bersama pejabat kota Makassar dan TAM pada acara Pinisi Bagi Negeri di Makassar, Jumat (21/4).

Makassar, Otojatim.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan dengan memperluas penerapan Car For Tree di Indonesia, yaitu dengan membuat program Pinisi Bagi Negeri di Sulawesi, tepatnya di Makassar.

TAM akan memberikan kontribusi untuk memperbaiki lingkungan terumbu karang di kawasan laut  Makasar dan melakukan edukasi budaya maritim kepada generasi muda. Program ini berjalan berkat kerjasama antara TAM dengan Pemkot Makassar dan Kalla Toyota sebagai dealer pertama di Sulsel serta Yayasan Makassar Skalia.

“Bersama dengan masyarakat, Pemerintah serta dealer, kami membuat kegiatan bertajuk Pinisi Bagi Negeri untuk menggali potensi generasi muda dalam upaya melakukan perbaikan lingkungan hidup di bidang kemaritiman. Program ini diharapkan akan memberikan manfaat melebihi harapan yang diinginkan masyarakat maupun pihak terkait lainnya,” kata Henry Tanoto. Vice President Director TAM.
Pinisi Bagi Negeri merupakan program terpadu untuk pendidikan dalam bidang konservasi lingkungan serta kebudayaan maritim. Pada program ini akan dilakukan penanaman kembali terumbu sekitar Makassar, yaitu area Pulau Samalona.

Selain itu, untuk menjaga kelestarian kebudayaan Bugis-Makassar, dikembangkan pula kapal jenis pinisi yang menjadi salah satu ikon sejarah masyarakat Makassar-Bugis. Ini dilakukan supaya masyarakat bisa menyadari pentingnya menjaga nilai-nilai kebudayaan maritim dan lingkungan laut.

Terumbu karang Makassar tergolong sebagai segitiga terumbu karang yang menjadi pusat keanekaragaman hayati laut dunia. Tapi, kondisinya sekarang sudah tak lagi sebaik beberapa tahun lalu.

Oleh karena itu, penanaman kembali terumbu karang ini dilakukan sebagai bentuk konservasi lingkungan perairan untuk mencegah kerusakan yang lebih luas lagi pada masa mendatang.  Kawasan ini diharapkan bisa menjadi semacam “laboratorium laut” untuk mendukung riset kemaritiman.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen