Pebalap Indonesia Juara Blancpain GT Asia di Sepang

Seri Kejuaraan Blancpain GT Asia

Sepang, Otojatim.com - Tidak ada yang mengetahui kalau ada kejuaraan balap supercar di Sepang, Malaysia bertajuk Blancpain GT Asia. Seperti namanya, kejuaraan balap mobil supercar ini digelar oleh SRO (Stephane Ratel Organization) yang menyelenggarakan Blancpain GT Eropa.

Menggunakan konsep balapan sprint race yang dihelat 2 kali, Blancpain GT Asia nampak menjadi balapan seru dan menarik untuk disaksikan pada 8-9 April lalu. Pada balapan pertama yang dihelat 8 April, tim OD Racing Audi yang beranggotakan Mitchell Gilbert dan Aditya Patel berhasil menjadi kampiun setelah mengalahkan tim Gruppe M Mercedes  (Rafaelle Marciello, dan Hunter Abbott). 

"Kemenangan ini begitu mudah karena kami terbantu dengan kondisi mobil yang sempurna selama balapan berlangsung" ungkap Patel via sportcar 365. Adapun Fist Team AAI duduk di tempat ketiga berkat kerja keras Oliver Millroy dan Jesse Krohn.

Pada race kedua yang digelar 9 April, Davide Rizzo dan Anthony Liu dari tim BBT  Ferrari berhasil menjadi kampiun setelah mengalahkan tim OD Racing Audi yang notabene menjadi kampiun race 1.

"Kami mencoba berbagai strategi berbeda, aslinya kami jalan lebih lama dengan ban kompon hard tapi kami memutuskan untuk melakukan pitstop lebih dini," kata Rizzo.

"Setelah menyalip beberapa mobil di depan setelah pitstop, kami bisa mendapat laju bagus sampai bisa merebut kemenangan di race ini," tambahnya.

Di seri Blancpain GT Asia ini diikuti pebalap Indonesia yaitu David Tjiptobiantoro yang dipasangkan dengan pebalap Gregory Teo dari Singapura dan tergabung dalam T2 Motorsport. Pada race pertama, David berhasil finish ke-19 atau meraih posisi ketiga dalam kategori Amatir. Akan tetapi, David mampu menjuarai kelas Amatir di race kedua sehingga bendera Merah Putih berhasil dikibarkan di Malaysia.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen