Klub Pemilik Toyota Asah Kemampuan Jurnalistik

Peserta TOC Media di Toyota Training Centre, Cibitung.

Cibitung, Otojatim.com - Dunia komunitas otomotif belakangan menjadi erat dengan dunia media, baik media cetak, online maupun elektronik.  Teknik penulisan yang baik menjadi tuntutan utama dalam menulis pemberitaan di media.

Toyota Owner Club, adalah kumpulan klub dan komunitas otomotif mobil pabrikan Toyota yang berada dibawah binaan PT. Toyota Astra Motor, dan salah satunya adalah Toyota Agya Club, yang bersama-sama 17 komunitas Toyota lainnya mengikuti rangkaian acara yang bertajuk “TOC Media Training 2017”, yang digelar oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Bertempat di Toyota Training Center, Cibitung – Bekasi, pada Sabtu 1 April 2017 TOC mendapatkan pelatihan mengenai teknik jurnalistik dan pengenalan dunia media,  agar klub dan komunitas memiliki kemampuan dasar dalam penulisan press release maupun jurnal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan setiap klub.

Perwakilan Toyota Agya Club


Untuk itu TAM mengundang beberapa narasumber yang merupakan praktisi-praktisi senior di dunia jurnalistik dari beberapa media ternama di Indonesia, baik media cetak maupun daring.

Acara yang dibuka oleh Public Relation Manager PT. Toyota Astra Motor, Rouli Soijabat, dimulai dari pagi sampai sore hari dan dibagi dalam beberapa materi pelatihan, yang meliputi : “Pengenalan Media” oleh Rizka S. Aji, sebagai narasumber, dilanjutkan dengan materi “Teknik Penulisan ala Jurnalis” oleh Aris F. Harvenda dari otomania.com, dan dilanjutkan oleh Eka Zulkarnain, dari Carvaganza.com, yang membawakan materi Menjalin Hubungan dengan Media.

Dan hadir pula Redaktur Pelaksana dari Harian Kompas,  Mohammad Bakir beserta beberapa rekan kerjanya, memberikan pencerahan kepada peserta training.

Sebelum dan sesudah materi training diberikan, dilakukan tes pengetahuan tentang media kepada seluruh peserta training, untuk mengetahui seberapa besar materi dapat terserap.

“Kami puas dengan hasil dari proses pelatihan ini, karena sebelum materi diberikan, hanya 40% pengetahuan yang peserta miliki tentang media, dan setelah materi diberikan, hasilnya lebih dari 80% materi dikuasai peserta,” ucap Indra Rezkita Lubis, Head of Community Section,  PT. TAM, dalam sambutannya.

“Banyak kegiatan dari kami komunitas dan klub yang sangat baik dan positif, sayang apabila informasi tidak dapat disampaikan dengan baik ke masyarakat, dengan adanya training ini kami dapat lebih baik dalam menyampaikan kegiatan kami, seperti kampanye keselamatan berkendara, kampanye anti narkoba, kepedulian sosial dan sebagainya,” ungkap M. Lukman Hakim, Ketua Umum Toyota Agya Club, yang juga merupakan salah satu peserta training.

Toyota Owner Club beranggotakan 18 klub dan komunitas antara lain :
Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Avanza Xenia Club (AXIC), Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER), Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), Great Corolla Club (GCC), Veloz Community (Velozity), Innova Community (IC), Toyota Soluna Vios Club (TSVC), Toyota Soluna Club (TSC), Toyota Vios Club Indonesia (TVCI),  Indonesia Kijang Club (IKC),  Terios Rush Club Indonesia (TERUCI), Altis Indonesia Community (ALTIC),  Indonesian Starlet Club (ISC), Toyota Agya Club (TAC),  Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI),  Dan dua klub yang baru bergabung yaitu Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) dan Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI).
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen