Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi Motors, Pekerjakan 3.000 Karyawan

Pabrik Bekasi Memiliki Kapasitas Produksi 160.000 Unit

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (tengah), bersama Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat (paling kiri); Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI (kedua dari kiri); Thomas Lembong, Kepala BKPM (kedua dari kanan); dan Charlos Ghosn, Chairman of the Board Mitsubishi Motors Corporation (paling kanan); dalam acara peresmian pabrik manufaktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Jawa Barat

Tokyo, 25 April 2017 – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) hari ini meresmikan pabrik manufaktur baru di Indonesia dengan nilai investasi 65 miliar Yen ($565 juta) dengan fasilitas manufaktur terbaik yang akan mempekerjakan 3.000 orang dan memiliki kapasitas produksi 160.000 unit per tahun pada kapasitas penuh.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, turut hadir bersama Carlos Ghosn, Chairman of MMC, dan Osamu Masuko selaku CEO MMC pada pembukaan pabrik yang akan mempertegas kehadiran grup otomotif asal Jepang di Indonesia dan regional ASEAN secara lebih luas.

Pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Kab. Bekasi ini mulai beroperasi setelah proses pembangunan yang berlangsung selama 2 tahun yang didukung oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini selesai. MMKI merupakan pabrik yang didirikan bersama oleh MMC, Mitsubishi Corporation (MC), dan PT Krama Yudha (KY) sebagai mitra di Indonesia.

Baca juga: Strategi Renault Taklukkan Asia Tenggara, Menyusup Lewat Mitsubishi dan Nissan?
Pabrik ini akan mulai memproduksi Sport Utility Vehicle (SUV) MMC yang sangat populer, Pajero Sport, kemudian dilanjutkan oleh MPV 7-seater baru dan kendaraan niaga ringan Colt L300.

Pembukaan pabrik di Bekasi ini merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis MMC di wilayah ASEAN, dimana MMC juga memproduksi kendaraan di Thailand dan Filipina. Rencana pengembangan perusahaan didukung oleh Nissan, yang menguasai 34% saham grup otomotif pada 2016 ketika MMC bergabung menjadi anggota aliansi global Renault-Nissan Alliance.

Carlos Ghosn, Chairman of MMC and the Renault-Nissan Alliance, mengatakan “Pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors. Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar yang akan menjadi basis produksi dan ekspor yang kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang.”

Osamu Masuko, chief executive dari Mitsubishi Motors menambahkan, “Fasilitas perakitan Bekasi merupakan simbolisasi ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia, dimana pabrik ini akan memproduksi kendaraan best-selling Pajero Sport dan MPV baru untuk memenuhi permintaan akan kendaraan penumpang berkualitas tinggi, tangguh dan dapat diandalkan. Hal ini memungkinkan kami untuk mengembangkan porsi pasar dimana kami telah berada selama lebih dari 45 tahun.”
Permintaan kendaraan di Indonesia, yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dengan 260 juta penduduk, diprediksi dapat tumbuh lebih cepat dibandingkan ekonomi secara global. Dengan rasio kepemilikan kendaraan bermotor 78 unit per 1.000 orang, tertinggal dari Tiongkok dan kurang dari setengah dari rasio kepemilikan di Thailand.

Pengembangan bisnis MMC di Indonesia merupakan kelanjutan dari investasi untuk penambahan kapasitas produksi di Thailand dan Filipina dalam beberapa tahun terakhir, memanfaatkan pembangunan jangka panjang di wilayah ASEAN.

MMC diharapkan dapat berkontribusi melalui keahliannya pada produk SUV, truk pick-up dan pasar ASEAN untuk aliansi global Renault-Nissan. Dengan bergabungnya MMC, aliansi ini telah menjadi grup otomotif terbesar ketiga di dunia dengan penjualan kurang lebih 10 juta unit per tahun.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dan Charlos Ghosn, Chairman of the Board Mitsubishi Motors Corporation mengelilingi kawasan produksi di pabrik manufaktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Jawa Barat
[Sekilas tentang pabrik MMKI]
Mulai produksi
April, 2017
Lokasi
Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
(37 km sebelah timur Jakarta)
Kapasitas Produksi
160,000 unit / tahun
Luas Area
30ha
Jumlah Karyawan
+ 3,000 (Maret 2018)
Model yang akan diproduksi
Pajero Sport, Small MPV, COLT L300
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen