Inilah Mobil-mobil yang Akan Tampil di Ferrari Festival of Speed di Sirkuit BSD, Serpong (3 Foto)

Ferrari Festival of Speed BSD
Ferrari 488 dan 458Evo

Serpong, Otojatim.com - Ferrari Festival Of Speed yang akan dihelat pada 23 April 2017 nanti tidak hanya menampilkan Ferrari La Ferrari Aperta semata tapi juga melibatkan mobil balap dari pabrikan kuda jingkrak juga. Adalah 488 GT3 dan 488 Challenge yang akan melakukan demo run di sekitar sirkuit non permanent Eminent BSD, Banten.

Sekilas mengenai 488 GT3, debut mobil ini tampil pada kejuaraan GT Australia pada 2016. Pada tahun ini, mobil balap kelas GT3 itu memenangi balapan akbar Bathrust 12 jam di Australia berkat jasa Maranello Motorsport. Ini kemenangan kedua tim asal negeri kanguru itu setelah 2014. 

Dalam kancah balapan Blancpain GT Asia, mobil ini bernaung dalam tim T2 Motorsport dan dalam tim itu ada pebalap Indonesia yang berlaga bernama David Tjiptobiantoro. Di awal musim balap Blancpain GT Asia, David berhasil memenangi kelas amatir di seri perdana tepatnya di Malaysia pada 16 April lalu.

Sementara untuk Ferrari 488 Challenge sendiri merupakan mobil baru yang dipakai untuk one make race Ferrari Challenge menggantikan 458 Evo. Mobil ini terlihat sama seperti 488 GTE karena menggunakan piranti aerodinamika tingkat tinggi berkat desain aerodinamika dari Ferrari Styling Centre.

Ferrari Festival of Speed BSD
Ferrari 488 GT3

Mobil yang diperkenalkan pada Desember 2016 ini mampu meraih catatan waktu 1’15.5” di sirkuit tes Ferrari yakni Fiorano, Italia. Kedua mobil ini baik Challenge maupun GT3 menggunakan mesin V8 twin turbo berkapasitas 3900 cc yang mampu menghasilkan 670 dk dan pernah mendapat penghargaan  International Engine of the Year Award untuk mesin terbaik pada 2016.

Soal transmisi jangan ditanya, karena pergantian giginya sangat presisi berkat penggunaan transmisi F1 DCT yang sudah disempurnakan untuk mendapat rev tinggi.

Nah, bagi Anda yang ingin melihat kemampuan dari kedua mobil ini maka datangilah Ferrari Festival Of Speed pada 23 April 2017 nanti di BSD, Tangerang tepatnya di bagian Eminent-nya.

599 XX akan tampil di Ferrari Festival Of Speed

Ferrari Festival of Speed BSD
Ferrari 599 XX
Mobil ini memang tidak bisa dikemudikan sembarangan, karena hanya bisa dipakai dalam acara yang diselenggarakan oleh pihak merek dan hanya untuk kepentingan trackday di sirkuit saja. Beberapa pemilik mobil ini harus merelakan tunggangannya dipegang oleh divisi Corse Clienti demi urusan maintenance.

Mobil ini adalah 599XX yang notabene merupakan mobil termahal sebelum La Ferrari datang. Dahulu, calon pemilik mobil ini harus merogoh kocek hampir Rp 14 milyar untuk menebus versi tercepat dari 599 ini. Ada dua paket yang bisa dipilih yakni XX dan XX Evo. Paket XX Evo lebih memikat akibat penggunaan aerokit ala mobil balap GT plus mendapat bobot super ringan demi peningkatan handling mobil.

Baca juga: Ferrari Festival Of Speed Indonesia Akan Diramaikan dengan 70 Mobil Kuda Jingkrak 

Bagian aerokit berupa sayap bisa digerakkan secara otomatis jika pengguna melesat dalam kecepatan lebih dari 200 km/jam. Adapun beberapa bagian lain seperti bemper dan diffuser sudah dipertajam supaya mendapat downforce lebih baik ketika menikung maupun berakselerasi. Untuk mesin, mobil ini menggunakan mesin V12 berkapasitas 6000 cc berkode F140 yang bsia mengeluarkan daya 750 dk di 9000 rpm plus torsi 700 nm.

Pada tahun 2012, mobil ini dilelang oleh Ferrari untuk menggalang dana korban bencana gempa di Italia. Mobil yang dilepas dengan harga Rp 16 milyar ini diberikan kepada kolektor dari Amerika ketika digelar GP Italia. Tidak hanya itu, sang pemilik bisa menonton F1 plus tur singkat ke garasi tim Ferrari dimana bisa bertemu langsung dengan skuad Ferrari yang saat itu dibela Fernando Alonso dan Felipe Massa.

Jika ingin melihat lebih dekat dengan 599XX, maka acara Ferrari Festival Of Speed 2017 menjadi solusinya. Datangilah kompleks Eminent, BSD di Tangerang, Banten pada 23 April 2017 mendatang. Rencananya, mobil ini akan digeber di sirkuit jalanan sekitar kompleks Eminent sejauh 3,2 km.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen