Impresi Awal Mazda CX-3: Ketika Mazda 2 Bercitarasa Crossover

Mazda siap bertarung pada kelas urban crossover dengan menghadirkan CX-3

Mazda baru saja merilis CX-3. Sebuah SUV yang menurut kami begitu mirip dengan Mazda 2 yang sengaja diubah bentuknya menjadi crossover. Terlihat dari front fascia sebenarnya malah mirip dengan CX-5 atau CX-9. Mungkin ini adalah salah satu tren strategi pabrikan kendaraan yang mendesain wajah line-up-nya dengan mempunyai kemiripan satu sama lain.


Di satu sisi, kemiripan desain ini menekankan sebuah ciri khas, ataupun juga menekan cost production tentunya.

Foto: Launching Mazda CX-3 di Jakarta

Tak hanya bagian luar, pada interiornya pun bisa dikatakan mirip dengan sang hatchback. Ini bisa terlihat dari guratan desain yang masih satu aliran dengan Mazda 2. Sebenarnya wajar saja sih apabila sebuah mobil bisa mirip satu sama lainnya. Karena saling berbagi platform.



Ada detail-detail halus yang membuat CX-3 berbeda: material lembut dan bagian-bagian metallic dengan tampilan yang tajam dan objek-objek keras yang tertanam di antara material lembut menciptakan suasana yang berbeda.  Desain stylish pada tempat duduk dan door trim mengekspresikan kesempurnaan yang radikal.

Performa Mesin


Dengan kapasitas mesin 2.000 cc, tenaganya bisa mencapai 148,2 dk dan torsi maksimum 192 Nm. Power yang dikeluarkan cukup besar untuk sebuah mid-SUV. Bila dilihat dari kompresi mesin 13:1, maka untuk laju optimal mobil ini harus menenggak Pertamax Turbo atau Shell V-Power

Urusan perpindahan gigi, mesin kompresi tinggi ini dikawinkan dengan transmisi Skyactiv-Drive enam percepatan yang terkenal dengan rasio gir yang pendek dan rapat. Perpaduan yang pas membuat Crossover ini pasti begitu mengasyikkan ketika dikendarai.

Fitur Safety berlimpah

Fitur safety Mazda patut diacungi jempol. Sepertinya mereka tidak mau main-main dengan unsur keselamatan. Seperti sistem radar i-ActivSense yang terdapat pada Mazda 6, kali ini hadir di CX-3. Fitur ini berfungsi untuk mengenali potensi terjadinya kecelakaan. Ada pula adaptive LED Headlight, maka sorot lampu pun bisa diatur bila berpapasan dengan kendaraan dari lawan arah. 

Dynamic Stability Control dan Traction Control System sudah disediakan. Kedua fitur ini akan mengoreksi kendaraan jika terjadi oversteer ataupun understeer. Sehingga, kendaraan tetap dalam kendali yang aman terhindar dari selip.

Untuk bantal udaranya telah disediakan sebanyak 6 buah, sehingga benar-benar bisa melindungi penumpang secara maksimal. Apalagi, struktur sasisnya sudah diperkuat agar melindungi pengguna mobil ini. Kurang apa coba?

Harga Mazda CX-3

Mazda CX-3 bisa ditebus mulai Rp399 juta untuk varian Touring atau entry level dan varian tertinggi Grand Touring bisa dibanderol Rp465 juta.Untuk sebuah  merek Mazda, CX-3 memposisikan dirinya di bawah CX-5, tapi lebih tinggi daripada kompetitor semacam HR-V 1.8. (AP)
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen