Blancpain GT Misano, Mercedes Raih Kemenangan Perdana di 2017

Balap Blancpain GT

Misano, Otojatim.com - Blancpain GT Series merupakan kejuaraan dunia balap supercar Grand Touring yang digelar perdana pada 2011. Dahulu, gelaran ini pernah dinamai FIA GT Championship yang pernah muncul dari 1997-2009.

Akan tetapi, karena perubahan regulasi dan berkurangnya peserta maka digunakanlah mobil balap kelas GT3 setelah dahulu menggunakan mobil balap GTE (GT Endurance, mobil supercar balap Le Mans) seperti GT1 dan GT2.

Nama Blancpain sendri merupakan nama sponsor utama dalam balapan yang diselenggarakan oleh SRO (Stéphane Ratel Organisation) yang notabene merupakan produsen jam tangan ternama. Adapun SRO merupakan penyelenggara balap yang dipimpin mantan pebalap  Stéphane Ratel sejak 1995. Saat ini SRO mengembangkan balapan Blancpain GT tidak hanya di Eropa, tapi juga di Asia.

Saat ini, Blancpain GT Series terbagi atas Blancpain Sprint Series dan Endurance Series. Nah, pada 2 April lalu seri perdana dari Sprint Series sudah dimulai di Misano, Italia. Adapun gelaran ini terbagi atas Qualifying Race dan Main Race, jadi ada 2 kali balapan dalam 2 hari berbeda.

Balapan Qualifying Race sengaja dilakukan malam hari untuk menjadi simulasi balap ketahanan meskipun durasi balapnya tidak panjang.

Pada gelaran Qualifying Race di hari Sabtu (1/4),malam itu dimenangi oleh tim HTP Motorsport dengan Mercedes AMG GT yang dikendarai duo Maximilian Buhk dan Franck Perera. Adapun pada posisi kedua ditempati rekan satu tim mereka yang beranggotakan duo Fabian Schiller dan Jules Szymkowiak.

Kemenangan pengguna AMG GT semakin lengkap berkat tim AKKA ASP duduk di podium ketiga berkat duo Michael Meadows dan Raffaele Marciello.

"Balapan ini diawali dengan kecelakaan beruntun dan membuat ritme balap kami kacau," kata Buhk via sportcar 365. Pada awal balapan, bendera merah dikibarkan marshall karena ada kecelakaan beruntun yang melibatkan banyak mobil sehingga balapan dihentikan untuk mengevakuasi mobil. Tapi Buhk bisa melibas banyak lawan dan mampu menjadi pemenang di Misano.

Buhk dan Perera dari tim HTP juga merajai balapan Main Race pada hari Minggu (2/4). Adapun yang finish di urutan kedua diduduki oleh tim Bentley  yang beranggotakan Vincent Abril dan Steven Kane. Adapun Dominik Baumann dan Jens Eriksson yang notabene dari tim HTP-AMG finish ketiga di balapan kedua ini
setelah di balapan pertama gagal finish.

"Start bagus kami lakukan, tapi mobil Bentley di belakang kami sempat mencoba mengejar," kata Perera.

"Saya kemudian tetap konsisten dan membangun gap supaya menjauh dari Bentley itu" tambahnya.

Selanjutnya, seri kedua akan digelar di Italia dan akan bertempat di Monza pada 23 April 2017.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen