All New Sirion Kendaraan Irit BBM dan Lincah untuk Bermanuver


All New Sirion city car yang lincah di pegunungan




Surabaya, otojatim.com- All New Sirion yang diluncurkan Februari 2015 di Surabaya ini, memang sangat lincah ketika diajak bermanuver, sebagai kendaraan perkotaan New Sirion memang sangat pas sekali, dengan tampilan sporty dan fitur keamanan yang lebih baik dari pendahalunya, sebagai mobil kecil perkotaan tanpa buntut alias hatchback sangat cocok untuk kaum muda.


Dari segi desain All New Sirion memang lebih mengentalkan kesan sporty di berbagai sisi. Seperti bumper depan yang terlihat lebih modern dengan penggunaan spoiler yang menyatu pada bagian bawah dengan aplikasi gril model honeycomb cukup besar yang menyatu pada bagian bawah bumper dengan ornamen karbon sebagai pemisah.

Sementara bagian belakang, terdapat bumper berongga honeycomb besar ditambah air diffuser. Untuk efeknya sendiri sepertinya tidak terlalu dapat dirasakan, mungkin hanya sebagai asesoris saja agar tampil sporty dan agar aura racing nya terasa pada mobil ini.

Untuk lampu, All New Sirion sudah menggunakan jenis lampu LED dengan bentuk garis melebar disertai lampu rem belakang yang juga menggunakan jenis LED memanjang ke bawah, sehingga membuat konsumsi listrik lebih kecil dengan ketahanan yang lebih lama dan daya lebih besar.
Untuk tampilan dashboard All New Sirion juga cukup terbilang mewah. Detail jahitan warna merah pada bangku dan kemudi menambah apik detail interiornya.

Begitupun dengan head unit terintegrasi yang membuatnya terlihat lebih berkelas. All New Sirion sudah terdapat koneksi USB dan Bluetooth. Sehingga All New Sirion terlihat lebih modern. Selain itu All New Sirion sudah dilengkapi dengan dual SRS air bag.

Untuk kursi pada bangku sopir, sebenarnya cukup tinggi dan menjaga visibilitas khususnya untuk pengguna dengan tubuh tidak terlalu tinggi. Namun demikian, kursi kemudi pada New Sirion sudah bisa diatur sudutnya. Untuk rival sekelasnya, New Sirion terasa lega hal ini berkat atapnya yang terbilang cukup tinggi, dengan volume bagasi yang lumayan besar.





All New Sirion menggunakan mesin berkapasitas 1.298 cc ini dilengkapi dengan penggerak katup variable (DOHC VVT-i), 4 silider dan bertenaga 92 dk dengan torsi 120 Nm, dan transmisi otomatis 4-speed konvensional. All New Sirion cukup lincah berkelit saat stop and go. Namun, untuk tenaga putaran atas All New Sirion masih kurang terasa

Ketika pada track lurus seperti Madiun menuju Ngajuk, jalanan cukup datar dan New Sirion segaja kami pacu dengan kecepatan 100 km/jam, sedikit agak limbung. Apalagi saat melakukan pengereman terasa sekali kurang menggigit, karena All New Sirion memang belum dilengkapi dengan sistem ABS. All New Sirion masih mengandalkan rem cakram pada suspensi depan dan drum pada suspense belakang.

Anehnya All New Sirion sangat lincah di jalanan pegunungan yang berkelok-kelok. All New Sirion dapat memberikan manuver  yang cukup presisi. Hal ini dapat dirasakan ketika dari Kediri menuju Pantai Prigi Trenggalek. Apakah ini disebabkan karena bobotnya yang mencapai 130 kg sehingga cukup mengurangi ground clearance sehingga mobil lebih rapat dengan aspal ?

Handling All New Sirion terbilang cukup menyenangkan, karena sudah dibekali dengan teknologi Electric Power Steering (EPS). Di dalam kerjanya EPS menggunakan motor listrik yang digunakan untuk membantu meringankan sistem kemudi. Jadi tidak salah jika All New Sirion dipilih sebagai kendaraan yang tepat untuk melakukan slalom.

Untuk konsumsi bahan bakar, All New Sirion terbilang sangat irit. Rupanya itulah yang menjadi alasan mengapa kendaraan ini masih banyak diminati oleh kawula muda. Selain itu pilihan warna pun lebih atraktif. All New Sirion dibanderol OTR Surabaya Rp 169,3 juta per unitnya.

Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen