Adu Keunggulan dan Kelebihan New Toyota Agya vs New Daihatsu Ayla vs Honda Brio 2017. Manakah Pilihan Anda?

keunggulan kelebihan new agya vs brio satya
Wajah dan mesin baru Agya-Ayla kepung Brio Satya

Setelah Honda Brio melakukan permak wajah tahun lalu yang makin memperkokoh penjualannya, kini Honda kembali mendapatkan perlawanan dari duo kembar LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Masing-masing mempunyai keunggulan dan kelebihan sendiri-sendiri.

Tak hanya menyegarkan tampilan, Agya-Ayla juga menghadirkan varian mesin terbaru 1.200 cc. Duet LCGC ini semakin percaya diri bersaing dengan Honda Brio. Sederet fitur untuk menggaet anak muda yang akrab dengan gadgetnya turut digelontorkan.

Sanggupkah Honda Brio menahan gempuran New Agya dan New Ayla? Apa saja kelebihan masing-masing dibanding lawannya? Mari kita simak ulasan berikut:

Eksterior Honda Brio vs New Agya vs New Ayla


keunggulan kelemahan new agya vs new ayla

Meski diproduksi dengan berbagi platform yang sama, Toyota dan Daihatsu dengan apik meracik wajah Agya dan Ayla cukup berbeda. Agya tampil dengan khas keen-look Toyota yang akrab dijumpai pada desain Yaris maupun Innova terbaru, sedangkan Daihatsu memoles wajah Ayla 1.2 bak Europe hatchback VW Golf GTi, terutama pada desain headlamp depan dan belakang. Sebuah langkah ubahan yang tak diduga sebelumnya, alhasil banyak penguna Ayla versi sebelumnya dibuat pangling. Benar-benar worth to wait.

Iklan Text: Promo Dealer HondaPromo Dealer Toyota | Promo Dealer Daihatsu

Lain cerita dengan Brio. Tahun lalu jagoan Honda ini mengubah wajahnya malah mirip dengan versi MPV terlarisnya yaitu Mobilio. Mungkin maksud Honda mengisyaratkan bahwa Brio telah naik kelas. Jadi meski dengan membeli Brio Satya yang termasuk LCGC tapi mendapatkan citra MPV yang lega dan praktis. Walau sebenarnya ada juga Brio yang bukan LCGC yaitu Brio RS dengan pelek ring 16 inchi, spion retractable dan foglamp yang menambah kesan sporty.

Oh ya, belum setahun nampaknya Mobilio tak mau wajahnya dikembari Brio. Sebulan yang lalu Mobilio kembali mendapat penyegaran wajah yang totally new dari model sebelumnya. Ini kejutan strategi dari Honda.
keunggulan kelemahan new ayla vs brio satya
Si kembar Agya-Ayla, khususnya varian 1.200cc, mengusung tema youth milenial. Astra sebagai pabrikan sengaja menyasar pada dua segmen. 1.000 cc untuk keluarga baru yang butuh kendaraan ekonomis dan 1.200 cc bagi anak muda yang ingin dimanjakan dengan performa dan fitur kendaraan yang dapat diandalkan.

New Ayla 1.2 R Deluxe alias seri tertinggi punya bentuk yang lebih stylish dan sporty. Moncongnya sudah dilengkapi Projector dan LED DRL (daytime running lights) yang disematkan pada front bumper aerokit baru yang membuat konsumen tak yakin, apakah benar ini Ayla?

Baca: Siap Kuasai Pasar LCGC Jatim, New Ayla Dibanderol Rp97 Jutaan Termasuk Free Service

Dari desain buritan Agya-Ayla 1.200cc nampak jelas bahwa bumper, rear spoiler dan lampu menyiratkan kesan gagah. Apalagi ditunjang side stone guard dan polished alloy wheel 14 inci memperlihatkan kedua mobil ini makin berotot.

Tampang baru inilah yang menjadi senjata andalan Toyota dan Daihatsu sebagai faktor keunggulan untuk menghadapi Brio Satya.

Interior Honda Brio vs New Ayla vs New Agya


komparasi review new agya vs ayla vs brio
Atas: Dasbor Brio,  Bawah: Dasbor New Ayla

Agya dan Ayla terlihat berusaha keras memanjakan anak muda jaman sekarang yang lebih detail tapi males ribet. Bisa terlihat dari penggunaan material dasbor yang lebih baik dan bahan fabric pada doortrim.

Pada sistem hiburan Daihatsu sudah menyematkan touchscreen 7 inch dan audio steering switch. Ini langkah tepat untuk menggaet anak muda yang doyan bermain media sosial.

Sedangkan Agya sendiri masih menggunakan Double DIN dengan interkoneksi bluetooth, Anda bisa menyambungkan playlist lagu favorit dari gadget ke audio mobil ataupun untuk menjawab telepon.

Baca: New Agya Diciptakan Lebih Agresif untuk Puaskan Generasi Milenial

Penumpang belakang kini dimanjakan dengan adanya headrest, di mana model sebelumnya semua headrest masih menyatu. Kini diharapkan tak ada lagi keluhan saat perjalanan jauh.

Selain itu, penggunaan jok dengan busa yang tebal memberikan kenyamanan dua kali lipat. Apalagi bentuk joknya sudah semi-bucket yang mirip jok balap, makin menyegarkan mata.

Untuk Brio dasbornya sudah mirip Mobilio dan BR-V. Tak ada yang bisa banyak dikatakan kecuali perasaan tenggelam ketika memegang kemudi, mungkin dasbornya terlalu tinggi sehingga mengganggu visibilitas. Tapi yang perlu dicatat, Honda Brio Satya adalah satu-satunya LCGC yang mempunyai fitur AC Digital.

Spesifikasi mesin New Agya vs New Ayla vs Brio


bagus mana agya ayla brio
Atas: Mesin Brio, Bawah:Mesin Agya-Ayla
Sebenarnya Honda Brio sudah sudah lebih dahulu menggunakan mesin 1.200cc sebelum Agya-Ayla. Setelah kelahiran Calya-Sigra, Astra langsung membidik Brio dengan mencangkokkan mesin Calya-Sigra ke dalam kap mesin New Agya-Ayla. Meskipun begitu beberapa hal diubah agar disesuaikan dengan karakter dan desain mobil ini.

Dilihat dari tenaganya, Honda Brio memegang tampuk juara dengan angka 90 dk pada putaran 6.000 rpm plus torsi 110 Nm.

Bagaimana dengan duo Agya-Ayla 1.2 ?

Mesin LCGC bersaudara dengan kode 3NR-VE, DOHC dan berteknologi Dual VVT-i ini punya catatan sedikit di bawah Brio. Tenaga yang dihasilkan sebesar 88 dk dan torsi 108 Nm.

Bagi pemilik Agya-Ayla yang lama, peningkatan kapasitas mesin dari 1.000 cc ke 1.200 akan cukup merasakan perubahan, baik dari akselerasi maupun top speed. Karena itu, penambahan stabilizer pada suspensi depan dan belakang akan menjadi solusi supaya mobil tetap stabil saat diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Fitur keselamatan Honda Brio vs New Agya vs New Ayla


Pada fitur keselamatan, ketiga mobil ini sebenarnya sudah dilengkapi Dual-SRS Airbag, ABS+EBD yang sudah menjadi piranti keselamatan standar. Dan kini, Agya-Ayla terbaru juga sudah terpasang batang side impact beam untuk melindungi benturan dari samping.

Pada bagian belakang, hanya Honda Brio yang minus sensor parkir.

Pertarungan harga New Ayla vs New Agya vs Honda Brio


Untuk OTR Jakarta, Daihatsu New Ayla dipatok mulai Rp92,55 juta untuk varian D 1.0, dan tertinggi R Deluxe dibanderol Rp 146,5 juta bertransmisi otomatik.

New Agya, varian paling standar ada pada 1.0 E pricelist-nya Rp127,6 juta dan tipe paling mewah 1.2 TRD harga jual mencapai Rp 151,9 juta.

Brio yang tidak mempunyai varian 1.000cc dijual mulai dari Rp131,5 Juta untuk tipe S dan varian tertinggi bisa ditebus  Rp 151,5 juta saja.


Dari adu keunggulan dan kelebihan New Agya vs New Ayla vs Honda Brio kali ini, hasilnya bisa dikatakan seimbang. Namun bila ditilik di atas kertas dari segi harga, fitur dan keselamatan rasanya Honda Brio masih menang tipis. Tapi bisa jadi, performa dan impresi berkendara bisa berbeda setelah kami melakukan testdrive New Agya dan New Ayla.

Sekarang ini, untuk menentukan pilihan tinggal faktor selera dan dompet Anda. Berikan pendapat di kolom komentar di bawah ini ya.

Bukan tidak mungkin, setelah lahirnya New Agya dan New Ayla, Honda akan punya senjata pamungkas untuk memberikan perbedaan yang lebih signifikan daripada kata imbang. Dan tentunya akan melanjutkan pertarungan adu keunggulan dan kelebihan masing-masing menjadi lebih seru.(AP)

Iklan Text: Promo Dealer HondaPromo Dealer Toyota | Promo Dealer Daihatsu
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen