RUF Membuat Porsche ini Menjadi Muda Lagi. 911 CTR Yellowbird Hanya Dibuat 30 Unit

RUF CTR Yellowbird berbasis Porsche 911. Naskah:Berto

Jenewa, Otojatim.com - RUF merupakan salah satu rumah modifikasi yang sangat terkenal. Hal ini dikarenakan RUF sering tampil di berbagai game seperti Gran Turismo dengan membawa mobil-mobil Porsche yang sudah modifikasi. Salah satunya adalah Porsche 911 yang dinamai CTR Yellowbird.

Proyek CTR Yellowbird ini dilaksanakan pada 1987 dengan basis Porsche 911 berkode bodi 964. Mobil ini memang sangat ringan karena mengurangi bobot dengan menggunakan material polyurethene di beberapa bagian bodi serta memperbesar daya mesin mobil. Sehingga mesin flat 6 kebanggaan Porsche berkapasitas 3200 cc ini sudah dibekali daya 469 dk dari tenaga aslinya yang hanya 231 dk saja. 

RUF CTR ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4 detikan dan memiliki top speed 340 km/jam sehingga dianggap menjadi yang tercepat dalam majalah Amerika Road & Track.

Pada 2017, mobil ini dibangkitkan kembali dengan menggunakan 911 berkode bodi 993. Bila dilihat, memang bagian belakang bodi mobil CTR baru ini nampak berbeda dan lebih segar dibandingkan 993 pada umumnya karena menggunakan lampu belakang dan bemper baru.
Menggunakan warna kuning sebagai warna kebangsaan RUF Yellowbird, mobil ini menggunakan mesin flat 6 berkapasitas 3600 cc twin turbo berpendingin cair. Untuk tenaga, mobil ini sudah dibekali daya 710 dk dan memiliki torsi sebesar 879 Nm.

Sedangkan untuk akselerasinya mampu mencapai 3,5 detik alias lebih cepat 0,5 detik dari varian lawasnya. Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada Geneva Motorshow 2017 dan mampu membuat pengunjung pameran berdecak kagum saat melihatnya.

RUF CTR akan dibuat terbatas sebanyak 30 unit. Adapun hal menarik yang terlihat pada mobil ini adalah bagian sayap belakang yang dibolongi untuk memasukkan udara lebih besar demi mendinginkan mesin dan bagian gagang pintu yang sengaja disembunyikan.

Bagian interior sudah dibekali bahan alcantara yang sporty plus material karbon fiber demi mereduksi bobot. Melihat wujudnya, setuju sekali kalau RUF sengaja membuat Porsche 911 ini menjadi lebih muda lagi seperti baru.

Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen