Porsche Panamera Sport Turismo, Ketika Panamera Bernafas MPV

Porsche Panamera Sport Turismo 2017

Stuttgart, Otojatim.com - Panamera, merupakan mobil sport saloon yang dijual Porsche dan terbilang paling laku di Indonesia meskipun harga jualnya tergolong mahal. Akan tetapi, pabrikan asal Jerman ini baru-baru ini meluncurkan Panamera dengan wujud tidak biasa.

Adalah Panamera Sport Turismo, mobil station wagon perdana dari Porsche. Menilik dari jenisnya, ini bukan pertama kali Porsche membuat mobil "sedan bernafas MPV " ini. Sebelumnya 968 Station Wagon Prototype, yang merupakan versi station wagon dari sportcar 968. Sayang itu hanya prototype dan gagal diproduksi akibat petinggi Porsche menolak wujud anehnya itu.

Zaman sudah berubah, dan Porsche kini tahu kalau wujud ini diperlukan untuk menarik minat konsumen untuk mencari mobil yang bisa dipakai sehari-hari tanpa mengurangi sisi sportinya. Untuk wujud, Panamera ini nampak sama pada bagian depan tapi di bagian belakang memang agak lebih panjang dari wujud sedannya akibat pilar B dipasang lebih mundur. 

Sport family or Family sport ?

Melihat interior kalau bisa dibilang, mobil ini sudah seperti layaknya MPV. Indikatornya adalah luas bagasi yang mencapai 1390 liter, beda dengan versi sedannya yang hanya 870 liter. Mobil ini mampu memuat 5 penumpang seperti MPV tapi Panamera Sport Turismo mampu melahirkan aerodinamika berkat spoiler yang bisa disesuaikan untuk menambah grip mobil ketika menikung maupun mengebut di kecepatan tinggi.

Tersedia 5 mesin yakni  V6 bensin dengan tenaga 330 dk dan 440 dk, V8 diesel 422 dk, V8 bensin 550 dk, dan V6 Electric hybrid bensin 462 dk.

Kesemuanya akan bertransmisi 8 percepatan dengan sistem penggerak 4 roda. Sedangkan untuk banderolnya akan ditawarkan mulai dari Rp 1,4 milyar- 2 milyaran untuk pasar Jerman. Kemungkinan pasar Jerman akan menerima unit perdana pada kuartal kedua tahun ini. Rencananya, unit lainnya akan dipasarkan pada akhir tahun depan termasuk Indonesia yang menjadi pangsa pasar utama Panamera.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen