Porsche 911 GT3, Varian Baru Hasil Pengembangan 911R

Porsche 911 GT3 2017

Jenewa, Otojatim.com - Porsche 911 GT3 merupakan supercar GT yang diciptakan Porsche untuk menantang Lamborghini Gallardo Superleggera dan Ferrari 458 Speciale di sirkuit balap. Di Indonesia sendiri, sudah beberapa unit dijalankan dan pasarnya positif sekali dibandingkan kedua rivalnya itu karena aftersales bagus dari Porsche Indonesia.

Pada pameran Geneva Motorshow 2017 di Swiss, Porsche melahirkan varian GT3 baru dari mobil berkode bodi 991.2 ini. Bila dilihat memang nampak sama dengan versi sebelumnya, tapi buritan belakang plus desain lampu rem membuktikan kalau mobil ini sudah berubah walau hanya facelift semata. 

Pada bumper depan nampak aerodinamis karena dikembangkan dari 911 GT3 RS, varian teratas dari 911 GT3 dengan ubahan di bagian kisi-kisi udara supaya bisa melahirkan downforce maksimal ketika dipacu di lintasan balap.

Mobil ini akan menggunakan transmisi 7 percepatan manual disamping transmisi dual kopling sekuensial khas GT3 RS. Hal ini membuat bangga calon pembeli 911 GT3 baru sebab versi sebelumnya hanya menyediakan sekuensial semi otomatis dual kopling  yang dinilai kurang responsif.

Untuk mesin, menggunakan flat 6 dengan daya 500 dk yang mampu menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,9 detik dan meraih top speed 320 km/jam.

Bagian handling mobil ini sejatinya dikembangkan dari versi terbatas 911R. Hal itu terjadi karena 911 GT3 baru ini menggunakan sasis yang lebih rigid dengan rear axle steering guna menciptakan pengendalian lebih "sembalap" khas mobil balap 911 GT3 RSR.

Adapun untuk interior menggunakan bahan alcantara yang ditambahkan panel berbahan karbon fiber. Untuk lingkar kemudi menggunakan stir berdiameter 360 mm yang diambil dari hypercar 918. Jok bucket seat dipasang untuk memberikan efek balap pada 911 GT3 plus rollbar demi keselamatan sang pengemudi.

Untuk pasar 2017, Porsche 911 GT3 baru ini akan dipasarkan pada musim panas dan akan dibanderol 152,416 euro (Rp 3 milyar). Kemungkinan, pada akhir tahun Porsche Indonesia akan memasarkan mobil ini karena dinilai banyak peminatnya di tanah air. Jadi hati-hati Ferrari 488 dan Lamborhini Huracan, lawan kalian sudah tiba.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen