MotoGP Qatar Pindah Jam Tayang di 2018

Losail, Otojatim.com - Kondisi cuaca tidak menentu di bulan Maret, memaksa penyelengara MotoGP Qatar harus putar otak agar penyelenggara balap bisa kehilangan kontrak untuk musim 2018 mendatang. Pasalnya, pada tahun ini saja sirkuit Losail tempat balapan sempat diguyur hujan hingga membuat balapan ditunda beberapa menit. Ini bukan pertama kali terjadi karena pada 2009 pernah ditunda hingga balapan dihelat pada hari Senin.

Untuk itu, penyelenggara balap merencanakan balapan di siang hari pada 2018 supaya hal itu tidak terulang lagi. Ini bukan pertama kali MotoGP Qatar berlangsung pada siang hari karena di tahun 2004 (tahun dimana sirkuit ini dibuka) sampai 2007 pernah dilaksanakan MotoGP dan World Superbike.


Baca: Maverick Vinales Menangi MotoGP Qatar: "Ini seperti Mimpi!" - Simak Hasil dan Klasemen
Balapan malam yang selama ini dilakukan memang sangat berbahaya bagi para joki motor balap karena selain lintasan yang licin para joki balap mengalami masalah penglihatan karena helm balap yang mengembun secara cepat dan refleksi cahaya lampu di waktu malam hari.

“Anda tahu bahwa wajar jika terjadi insiden di Qatar karena kondisi di sini cukup aneh. Kualitas aspal di sini cukup aneh,” tutur Espargaro, pebalap Aprilia via Crash. Di awal hari, uji coba di awali dengan cuaca berangin. Hal tersebut tidak biasa karena pada malam hari cuaca berganti lagi,” sambungnya.

Pada seri MotoGP Qatar, sesi kualifikasi di hari Sabtu (26/3) sempat dibatalkan karena hujan deras melanda Losail. Hal ini membuat  pihak race direction MotoGP memutuskan posisi start untuk balap di hari Minggu (27/3) diambil dari kombinasi waktu dari 3 sesi latihan berbeda.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen