Mercedes Baru Lebih Gepeng, Toto Wolf Berharap Musim ini Tak Ada Drama

Mercedes F1 2017

Silverstone, Otojatim.com - Tim juara, Mercedes siap menempuh musim balap 2017 tanpa juara dunia Nico Rosberg yang memutuskan gantung helm secara cepat pada 2016 lalu. Tim asal Jerman ini menggaet  Valtteri Bottas untuk menemani Lewis Hamilton.

Performa Bottas memang tidak muluk-muluk pada 2016, pebalap asal Finlandia ini finish kedelapan dengan mengumpulkan 21 poin di klasemen pebalap.Tim berwarna perak ini juga tampil tanpa Paddy Lowe yang menjadi juru kunci pengembangan mobil. Lowe pindah ke Williams di divisi teknik tim asal Grove, Inggris ini.

"Tidak ada drama, itu penting. Tetapi ketika kami berusaha mendorong performa maksimal, kami benar-benar berusaha sangat keras," kata Toto Wolff selaku bos tim via motorsport.com. Ia yakin, Mercedes tetap tampil maksimal tanpa menghiraukan regulasi musim 2017 yang membuat mobil menjadi "gepeng".

Untuk mobil, Mercedes menamainya dengan nama W08 Hybrid yang diluncurkan pada tes privat di Inggris, Kamis (23/2). Mobil ini tampil lebih "gepeng" dari mobil W07 karena regulasi musim 2017.

Meskipun begitu, mobil ini tampil lebih berbeda dari W08 karena desain hidung yang lebih konservatif  dari pendahulunya. Tidak seperti tim lain, mobil W08 ini tampil tanpa "sirip hiu" plus hidung menonjol khas mobil balap F1 zaman sekarang.Disinyalir, desain mobil yang rada biasa ini membuat mobil ini jadi susah menyalip lawan.

"Mekanik saya bilang itu akan lebih sulit untuk melakukan overtake. Jika menyalip saja susah, itu akan sangat buruk bagi pengemar, tontonan tidak akan menarik, jadi saya harap itu tidak terjadi," ucap Hamilton via BBC.

"Sebab mobil ini lebih besar, mobil yang dibangun lebih lebar, akan ada downforce yang lebih besar dan cipratan air di ban belakang juga lebih besar, jadi mobil di belakang juga akan terpengaruh."

"Saya harap para mekanik, yang tentunya orang-orang pintar, justru salah dan saya harap tontonan akan jadi lebih hebat dan sengit dari sebelumnya. Saya berharap bisa jadi bagian dari hal itu," tutupnya.

Mampukah Mercedes tampil cemerlang seperti tahun lalu? Hanya waktu yang akan menjawabnya.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen