McLaren 720S, Bayi P1 Bertenaga 710 dk

McLaren 720S

Jenewa, Otojatim.com - Menjadi jawara pada gelaran balap Blancpain GT 2016 dengan 650S GT3 membuat McLaren menjadi bersemangat untuk membuat mahakarya selanjutnya. Pada pameran Geneva Motorshow yang berlangsung di Swiss, pabrikan asal Inggris ini meluncurkan varian Super Series pengganti 675LT bernama 720S.

McLaren Super Series adalah varian GT dari pabrikan berlambang bumerang itu dengan dua mobil awal MP4-12C, 650S dan 675 LT. Ini merupakan wujud baru setelah 675LT sendiri merupakan penyempurnaan dari 650S dengan penambahan aerokit.

Bila kita lihat, segi eksterior sangat mirip dengan hypercar P1. Melihat lekukan bodinya, mobil ini sungguh seksi dengan garis-garis tajam mirip mobil F1-nya MCL32. Bagian depan sendiri merupakan penyempurnaan dari desain muka mobil 570S yang direvisi guna menciptakan muka tajam dan galak ala burung elang.

Guna memperkuat bagian handling, sasis mobil berbahan karbon fiber nan ringan direinforce ulang supaya bisa menikung lebih baik di lintasan sirkuit. Karena bahan karbon fiber inilah bobot mobil hanya 1.283 kg saja, menjadikan mobil ini teringan dari rival-rivalnya seperti Lamborghini Huracan, Ferrari 488 dan Porsche 911 GT3. Mobil ini dibekali Proactive Chassis Control untuk menjinakkan mobil supaya tidak melintir di tikungan tajam.


McLaren 720S

Bagian interior sangat terinspirasi dari P1. Mclaren membuat interior mobil ini sangat sporty berkat penggunaan karbon fiber plus alcantara guna mereduksi bobot mobil ketika melaju kencang. Sudut pandang pengemudi ketika mobil ini diperbaiki guna menghilangkan blind spot (titik buta) ketika menikung maupun melihat kendaraan lain di depannya. Menurut kami, layak sekali 720S dijuluki baby P1 akibat desain yang mirip dengan hypercar terbaik sejagad itu.

Untuk bagian mesin menggunakan V8 berkapasitas 4000 cc twin turbo berpenggerak MR (mesin tengah, penggerak roda belakang) yang memproduksi tenaga 710 dk dan bertorsi 770 Nm. Dengan tenaga ini, 720S setara Lamborghini Aventador maupun Ferrari F12 yang merupakan supercar tulen. Akselerasi sendiri dari 0-100 km/jam adalah 2,9 detik dan mampu meraih top speed 341 km/jam.

Mobil seharga Rp 3,4 milyar di pasar Inggris ini mengandalkan transmisi 7 percepatan dan dibekali rem karbon keramik hasil teknologi balap F1-GT3 sehingga 720S bisa mengerem lebih baik dari supercar rivalnya.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen