Lexus Siapkan RCF GT3 Guna Bertarung di Balap GT Musim 2017

Lexus RCF GT3 2017

Cologne, Otojatim.com - Lexus akhirnya menyiapkan versi final untuk RCF GT3, mobil balap racikan Toyota Team Europe (TTE) yang berbasis di Cologne, Jerman ini siap menerjunkannya di kancah balap GT3 musim 2017.

Mengandalkan blueprint (cetak biru) dari mobil balap RCF GT300 dan RC500 dari balap Super GT, TTE merancang mobil ini secara maksimal supaya bisa mengalahkan pesaingnya dari Nissan yakni GTR GT3.

Bila kita lihat, memang seakan tidak ada perubahan dari versi konsepnya yang pernah tampil di IIMS 2016. Akan tetapi,pengembangan dilakukan pada segi aerodinamika mobil dengan mengubah sedikit aerokit pada bagian sayap, fender dan diffuser mobil supaya bisa mencengkram aspal lebih baik.

Untuk mesin, menggunakan V8 dengan kapasitas 5400 cc dengan tenaga 500 dk. Mobil berbobot sekitar 1300 kg ini tergolong ringan akibat pemakaian bahan karbon fiber pada sekujur bodi mobil. Pada tahun lalu, mobil ini memenangkan kejuaraan balap VLN di Jerman meskipun masih merupakan mobil balap konsep. 

Selain itu pula, mobil serupa juga memenangkan balap Super GT di Jepang melalui tim Sard dengan pebalapnya Heikki Kovalainen dan Kohei Hirate. Di Eropa, mobil ini digunakan oleh Farnbacher Racing dan Emil Frey Racing untuk balap ketahanan VLN di Nurburgring, Jerman.

Dua tim ini akan ikut serta dengan RCF GT3 versi final dan rencananya akan turun pula di kejuaraan
balap bergengsi Blancpain GT 2017.

Nah, mampukah tim Farnbacher Racing dan Emil Frey Racing selaku pengguna Lexus RCF GT3 ini bisa berjaya di tahun 2017 seperti layaknya tim pabrikan Lexus dan tim Sard? Mari kita tunggu.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen