Lamborghini Huracan Performante, Pecah Rekor Lahap Sirkuit Nurburgring Nordschleife Hanya 6 Menit

Lamborghini Performante

Bologna, Otojatim.com - Nurburgring Nordschleife, merupakan salah satu sirkuit terpanjang di dunia dengan panjang 20 km. Sirkuit ini juga adalah tempat dimana tantangan terberat para pabrikan mobil-mobil tercepat guna meraih catatan waktu maksimal di lintasan berliku-liku di Nuremberg, Jerman ini.

Banyak sekali kecelakaan fatal di bagian utara sirkuit Nurburgring ini sehingga membuat para pabrikan harus menyesuaikan diri dengan keadaan supaya tidak mengalami kelalaian saat melintasinya.

Salah satu pabrikan yang mengukir sejarah di lintasan maut ini adalah Lamborghini. Pada tahun 2015, Aventador SV pernah diturunkan di Nordschleife dan meraih catatan waktu 6.59,73 detik. Akan tetapi, pabrikan asal Italia ini seakan belum puas dengan catatan waktu yang sudah ditorehkan supercar bertenaga 750 dk itu.

Maka, pada tahun ini pabrikan berlogo banteng ini menurunkan Huracan versi terbaru yang dinamai Huracan Performante. Sekedar informasi, nama Performante pernah dipakai pada Gallardo sebagai versi tercepat dari Gallardo Roadster.

Bedanya, Huracan Performante ini nampak mirip dengan Huracan Supertrofeo yang merupakan versi balap dari Huracan. Kelihatan jelas kalau penambahan aerokit pada mobil ini terinspirasi dari Supertrofeo mulai dari bemper, side skirt, spoiler dan diffuser berbahan karbon fiber yang ringan.

Adapun sistem aerodinamika mobil ini sudah mengaplikasi sistem ALA. ALA  adalah sistem kemudi terbaru dari Lamborghini yang memiliki nama asli Aerodinamica Lamborghini Attiva. Sistem aerodinamika aktif ini bisa diaktifkan melalui tombol untuk menambah daya cengkram mobil ketika dipacu di sirkuit maupun jalan raya.

Ketika menekannya, sayap belakang akan bergerak dan bagian bemper akan membuka saluran udara untuk mengalirkan angin supaya masuk ke bagian bawah mobil secara streamline. Mobil tak akan goyang-goyang ketika dikemudikan dan tetap stabil sampai meraih kecepatan tertinggi.

Soal mesin, mobil ini sama halnya dengan Huracan  karena memakai mesin V10 dengan kapasitas 5200 cc. Tapi memiliki tenaga 631 dk dengan torsi 600 nm. Untuk 0-100 km/jam bisa dicapai dalam
2,9 detikan. Hal ini membuat mobil ini setara dengan Porsche 911 GT3 sebagai rival utamanya.

Sebagai ubahan pada kaki-kaki, mobil ini sudah dibekali dengan sistem Anima untuk menyesuaikan pengemudi dengan keadaan. Ada 3 mode yang dipakai yakni Strada, Sport dan Corsa. Sedangkan pada bagian suspensi sudah diperbaiki sistem power steering, traction control dan setting yang lebih kaku supaya sesuai dengan Huracan Performante ini.

Dengan ini, Huracan Performante mencetak waktu 6 menit 52 detik di Nordscheife. Menjadikan mobil ini sebagai yang tercepat pada kategori mobil produksi setelah sebelumnya Porsche 918 pernah mencetak waktu 6 menit 57 detik di tempat yang sama.

Ini merupakan pencapaian tertinggi Lamborghini dalam mencetak waktu tercepat mobil produksi di Nordscleife.  
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen