Jatuh Cinta pada Mazda 3 saat Pandangan Pertama

Mazda 3 tampilan begitu menggoda. Foto/naskah: Adiya

Kelas medium hatchback kembali bergairah. Kehadiran mobil-mobil dari ATPM besar seperti Honda dengan Civic Turbo Hatchback dan Mazda 3 seakan membuka keran baru varian hatchback ini.

Kondisi pasar Indonesia memang unik. Dimana jika ingin upgrade ke varian tertinggi dari city car atau small hatchback akan menemui kebuntuan. Karena tidak ada pilihan mobil dengan dimensi lebih besar dari hatchback yang digunakan saat ini.

Baca:  Eurokars Tak Mau Main-main, Begitu Kuasai Mazda Langsung Gelontor 5 Model Baru Sekaligus 

Hal tersebut menjadikan Mazda berani memasukkan Mazda 3. Mobil ini sendiri pernah berseliweran di Indonesia pada tahun 2007 sampai penjualannya distop akibat kalah bersaing dengan adiknya, Mazda 2. Bisa dibilang memasukkan Mazda 3 merupakan langkah brilian, ini adalah pilihan lain bagi konsumen yang malas beli LMPV. 

Buritan seksi Mazda 3
Manisnya desain Mazda 3 bikin jatuh cinta kedua 

Jatuh cinta kedua? Mungkin itu sebuah kiasan untuk gambarkan Mazda 3 saat pertama kali hadir. Sungguh, mobil ini begitu cantik apabila memakai lipstik berwarna merah atau dikenal soul red yang memancarkan aura berani dan punya nyali. Mirip Taylor Swift deh. 

Untuk headlampnya sendiri, rasanya tidak ada hal  tercela sama sekali. garis LED terpancar sempurna tanpa adanya bantuan desain bodi lain. Sangat natural, bahkan ini mempercantik mobil yang menjadi pesaing Civic Hatchback Turbo tersebut. Bahkan sudah mengadopsi LED untuk headlamp dan foglampnya. Membuat hatchback ini terkesan canggih sekali. 

Di bagian pilar B atau sampingnya, sedikit berbeda dengan model sebelumnya. Terlihat begitu besar dan memanjang. Akhirnya kesan bongsor begitu terlihat. Panjangnya sendiri mencapai 4.475 mm atau 4 meter lebih. Cukup panjang, namun lebarnya pun cuma 1.555 mm. Dan tingginya, bisa mencapai 1.465 mm.

Saat kami beralih ke bagian buritan rasanya semakin jatuh cinta dengan keindahan desain yang dibuat oleh Mazda. Mazda 3 kali ini begitu sempurna. 

Interior makin mewah.

Interior lebih sporty dan KODO Banget 

Banyak yang produsen mobil belum bisa mengambil hati orang-orang dengan membuat interior yang menakjubkan. Tapi Mazda berikan sentuhan mewah dan sporty pada balutan dasbor Mazda 3. Mungkin, inilah yang disebut mahakarya pabrikan asal Hiroshima tersebut. 

Urusan jok pun sudah menggunakan kulit, bahkan doortrim dan shift knob juga terbungkus kulit. Seolah Mazda bukan menempatkan hatchback ini sebagai model murahan, melainkan model paling mahal. Joknya begitu nyaman dan lapang. Meski saat memasukinya sedikit sulit.

Dasbornya ada kemiripan dengan Mazda 2 namun lebih besar dari small hatchback tersebut. Mobil ini sudah dilengkapi AC Dual Zone yang semakin memanjakan penumpang dan pengemudinya. 
Selebihnya cukup menyenangkan berada di mobil ini. Rasanya, butuh waktu untuk mencoba mobil ini dan berkenalan lebih jauh. Sama, seperti pertama kali bertemu gebetan dan ingin bertemu lagi di hari berikutnya.

Desain aerodinamis
Mesin dan kaki-kaki

Soal mesin sendiri, rasanya tidak perlu diragukan,sejatinya mobil ini sudah gunakan Skyactiv-G berkapasitas 1.998 cc. Dengan rasio kompresinya sampai 14:1 yang dibilang tertinggi untuk varian mesin bensin. Hal ini berikan kesempatan mobil untuk hemat bahan bakar secara signifikan. Tapi, bersiap-siap untuk mengisi bensin minimal RON 95 atau 98 seperti PERTAMAX TURBO

Soal kaki-kaki sendiri juga tidak usah diragukan lagi, pastinya sudah dibekali beragam fitur dan juga penggunaan suspensi MacPherson strut dan Multi-Link. Dengan ABS + EBD dan Traction Control. Lalu, ada Dynamic Stability Control  serta Lane Departure Warning System. Sebenarnya banyak sekali kelengkapan fitur keselamatannya, cuma kalau ditulis semuanya akan kebingungan. Mungkin ada yang baru dari Mazda, Smart City Brake system, dimana fitur ini sempat hadir di Ford Focus dan sudah tersedia di hatchback tersebut. 

Dengan fitur keselamatan yang begitu melimpah, rasanya mobil ini begitu aman. Apalagi ditunjang airbag berjumlah 6 buah. Sehingga, akan mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan. 

Harga ekslusif

Menurut informasi yang kami terima Mazda 3 bakal dibanderol seharga Rp400 jutaan. Mazda sendiri belum mengumumkan secara resmi. Pastinya dengan harga tersebut membuat kesan ekslusif semakin tertancap pada Mazda 3.Perlu pertimbangan matang untuk meminang kendaraan ini, sama seperti meminang wanita berkelas.
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen