ISSOM 2017 Seri 1, Bergairah dengan Hadirnya Kelas Baru

Fitra Eri dan Rio SB saling sikut dalam balapan ITCC 1500. Foto:Istimewa/Naskah:Berto

Sentul, Otojatim.com - Seri balap mobil nasional tahun 2017 kembali bergulir dalam acara Indonesia Sentul Series of Motorsport di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (26/3). Ada banyak kelas yang diperlombakan seperti Indonesian Touring Car Championship, European Touring Car dan Honda Jazz Speed Challenge sebagai kelas utama.

Pada gelaran tahun ini ada kelas baru bernama Japan Super Touring dimana kelas ini dikhususkan untuk mobil-mobil Jepang produksi `90an sampai 2000`an.

Dalam kelas Indonesian Touring Car, Toyota berhasil memenangkan perlombaan dengan pebalap Haridarma Manoppo. Balapan ini sempat diguyur hujan hingga mobil pengaman dikeluarkan untuk mengevakuasi 5 mobil balap yang mengalami kecelakaan. Pertarungan yang sebenarnya hanya terjadi pada awal lomba dimana Haridarma beradu balap melawan Alvin Bahar dari Honda.

Hari, sapaan akrabnya berhasil meraih posisi pertama setelah menyalip Alvin di salah satu tikungan hingga mobil pengaman memandu peserta hingga akhir lomba.
“Alhamdulillah, akhirnya keinginan kami bersama TTI terwujud. Kami bisa memenangi kelas Kejurnas ITCC di seri pembuka ini. Inginnya, bisa memenangi seluruh seri tahun ini,” kata Haridarma setelah podium seremonial.

Sementara, rekan setimnya yaitu Fino Saksono finish keempat di belakang pebalap Honda Bandung, Fitra Eri. Ini merupakan kemenangan perdana Toyota sejak 8 tahun tidak mengikuti balapan ITCC di Sentul.

Pada gelaran European Touring Car, pebalap tim Jakarta Ban yaitu M Fadil berhasil menjadi jawara lintasan basah Sentul setelah mengalahkan Benny Santoso (Sigma Speed) dan Rudy SL (Jakarta Ban) di kelas Euro 3000.

Di kelas Euro 2000, Aldio Oekon dari Pertamax Motorsport berhasil menjadi kampiun setelah mengkandaskan pebalap Jakarta Ban Radityo Mahendra Utomo dan Benny Santoso dari Sigma Speed.

Di kelas Japanese Super Touring, M Herdy dari B16 AP Speed mengandaskan peluang Wahyu Kumoro (HTJRT) dan Alfin Mulia (B16 AP Speed) untuk menjadi jawara.

Pada kelas Honda Jazz Speed Challenge, pebalap senior Rio Saputro dari Honda Racing digempur habis-habisan oleh pebalap baru, Andika Rama Maulana dari Honda Bandung hingga dirinya berhasil melepaskan diri sampai menjadi pemenang di kelas Master. Andika sendiri menjadi jawara di kelas Rising Star sekaligus meraih posisi kedua overall setelah mengandaskan pebalap Watch Studio, Ferrel Fadil.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen