Honda Civic Type R, Tampil Agresif Berkat Part ala WTCC

Honda Civic Type R 2017

Jenewa, Otojatim.com - Bagi pecinta mobil pasar domestik Jepang (JDM) maupun pecinta mobil balap turing sudah tidak perlu diragukan lagi ketangguhan dari Honda Civic Type R. Mobil yang menjadi varian tertinggi sekaligus tercepat dari Honda Civic ini akhirnya melahirkan wujud baru di Pameran Geneva Motorshow 2017 di Jenewa, Swiss.

Jika dilihat, mobil ini berbasis Civic Hatchback yang dibuat lebih menggigit dari biasanya. Membuang habis wujud kapsul khas hatchback kebanyakan, Civic Type R baru ini jauh lebih mengkotak dan lebih agresif karena memakai piranti aerodinamika seperti diffuser belakang dan spoiler bak mobil turing pada umumnya.

Mobil ini dibekali mesin 4 silinder VTEC berkapasitas 2000 cc turbo yang bertenaga 316 dk plus torsi 400 Nm. Soal transmisi, Honda hanya membekalinya dengan transmisi 6 percepatan manual yang disempurnakan dari Civic Touring Car.

Bagian kaki-kaki menjadi bagian krusial karena inilah hal utama pada Civic Type R. Sektor suspensi menggunakan Adaptive Suspension System dengan damper three-chamber pada keempat roda
yang bisa disetting sesuai kebutuhan. Tambahan lainnya, Electric Power Steering tipe dual-pinion membuat pengendalian mobil makin baik ketika melaju di tikungan tajam.


Bagian rem sudah dibekali Brembo cross drill 4 pot dengan kaliper aluminium dengan diameter 350 mm di depan dan di belakang 305 mm yang dikembangkan pada arena balap turing dunia WTCC. Sektor interior, mobil ini menggunakan jok bucket plus dasbor berpanel karbon fiber nan ringan khas mobil balap. Pada bagian konsol tengah ada pengaturan damper suspensi guna mengoptimalkan handling mobil.

Mobil ini rencananya akan diproduksi pada musim panas 2017 dan akan dipasarkan di berbagai negara seperti Jepang dan Amerika Serikat. Meskipun itu, Indonesia siap mengimpor mobil ini melalui importir umum pada akhir tahun ini.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen